Sunday, November 13, 2016

  No comments


5 PELUKIS TERKENAL DI INDONESIA 


[ BAGIAN 1 ]

Seniman Affandi
Seniman Terkenal di Indonesia

1. AFFANDI KOESOEMA

Asal  Affandi

Affandi adalah seorang seniman terkenal di Indonesia yang terlahir di Cirebon, Jawa Barat pada tahun 1907. Affandi mengeyam pendidiakan formal di Hollandsch Inlandsche School (HIS), Meer Uitgebreid Lager Onderwij (MULO), dan Algemeene Middlebare School (AMS).
Pada tahun 1933, tepat ketika umurnya 26 tahun, Affandi menikah dengan seorang wanita asal Bogor, Jawa Barat yaitu Maryati. Lalu keduanya dikaruniai seorang anak permpuan yang kemudian diberi nama Kartika Affandi.

Pengalaman Affandi

Pada tahun 1943, Affandi mengadakan pameran tunggal pertamanya di Gedung Poetera Djakarta. Tokoh pahlawan  yaitu empat serangkai pun ikut bergabung untuk memimpin seksi kebudayaan poetera.
Pada tahun 1945, Affandi mendapat tugas untuk membuat poster dengan menggambarkan seorang yang dirantai tapi rantainya terputus. Selain itu, Affandi juga menuliskan kata “Boeng, ayo boeng”. Berkat lukisannya yang bagus, akhirnya Affandi mendapat beasiswa kuliah jurusan melukis di Santiniketan, India. Affandi mendapat penolakan di India karena Affandi dinilai sudah tidak membutuhkan pendidikan lagi dalam seni lukis. Sehingga uang beasiswanya ia gunakan untuk mengadakn pameran keliling di India.
Selama hidupnya, telah tercatat kurang lebih 2.000 karya lukis yang dihasilkan oleh Affandi. Hasil karyanya tersebut dipamerkan ke berbagai negara di dunia di setiap benua. Di benua Eropa, Affandi mengadakan pameran di London, Amsterdam, Brussels, Paris dan Roma. Di benua Amerika, mengadakan pameran di Brazilia, Venezia, San Paulo, dan Amerika Serikat. Hal ini dilakukan untuk mendekatkan dan memperkenalkan karya-karyanya kepada para pencinta seni lukis.
Dari hasil karya yang dihasilkannya, Affandi dikenal sebagai pelukis yang menganut aliran Ekspresionisme atau abstrak. Hal ini menyebabkan karyanya sulit dipahami oleh orang awam tentang seni lukis jika tidak ada penjelasan. 
Pada tahun 1997, Affandi mendapat hadiah perdamaian dari International Dag Hammershjoeld untuk menjadi anggota Akademi hak asasi manusia di Castelo San Marzano Florence, Italia. Pada tahun 1987, Affandi mendapat penghargaan "Bintang Jasa Utama" dari Indonesia. Sejak tahun 1986, Affandi juga diangkat menjadi anggota dewan penyatun Institut seni Indonesia di Wakil Presiden Indonesia tahun 1972-1978 di Yogyakarta. Dan pada Mei 1990, Affandi meninggal dan dimakamkan di dekat museum yang ia dirikan.

Selanjutnya, seniman terkenal di Indonesia yang kedua yaitu Basuki Abdullah. 

No comments :

Post a Comment