Monday, November 21, 2016

Biografi dan Catatan Najwa Shihab si Presenter Mata Najwa

  1 comment

Biografi dan Catatan Najwa Shihab si Presenter Mata Najwa

“Apa arti ijazah yang bertumpuk, jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk?” –Najwa Shihab, sumber : Dari Jogja untuk Bangsa


Biografi Najwa Shihab
Najwa Shihab

Najwa shihab atau yang akrab di panggil Nana merupakan seorang wartawan dan juga presenter. Sama seperti Andy F Noya yang telah saya bahas di artikel sebelumnya, Najwa Shihab pun aktif membawakan sebuah acara yang berjudul Mata Najwa di Metro TV. Najwa lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 16 September 1977. Najwa adalah seorang putri dari Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab yang merupakan mantan Menteri Agama Kabinet Pembangunan VII. Nana menikah dengan Ibrahim Assegaf dan dikaruniai seorang putra yang mereka beri nama Izzat.

1.  Pendidikan Najwa Shihab


Biografi Najwa Shihab
Najwa Shihab di OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) UI 2016


Nana merupakan seorang alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Saat duduk di bangku SMA, Nana terpilih untuk mengikuti program AFS, yaitu pertukaran pelajar ke Amerika selama satu tahun.Di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya. Meski kedua orang tuanya khawatir, namun keluarga sangat mendukung segala keputusan Nana soal pendidikan. Ayah Nana pun tergolong santai. Kala itu beliau mengizinkan Nana untuk menikah di usia muda yaitu 20 tahun. Meskipun Nana merupakan lulusan fakultas Hukum, namun ia lebih tertarik terjun ke dunia jurnalistik atau wartawan.

2.  Awal Karir Najwa


Biografi Najwa Shihab
Najwa Shihab saat membawakan acara "Mata Najwa"
    Awal karir Nana bergabung menjadi seorang wartawan di RCTI. Hingga akhirnya tahun 2001 Nana memutuskan untuk bergabung dengan Metro TV, karena menurutnya Metro TV merupakan stasiun tv yang memiliki potensi besar dalam mengembangkan minat dan bakat Nana dalam dunia jurnalistik. Menjadi seorang pembawa acara di Metro TV membuat kemampuan Nana semakin terlihat terlebih lagi ketika ia meliput tragedi Tsunami Aceh pada tahun 2004. Berbagai pujian dan penghargaan menghampiri Nana.

3. Penghargaan dan Prestasi yang diperoleh Najwa Shihab


Biografi Najwa Shihab
Najwa Shihab berhasil memenangkan Piala Panasonic Award
     Berikut ini adalah beberapa penghargaan dan prestasi yang berhasil di peroleh oleh Najwa Shihab:
a. Tahun 2005, Najwa mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya karena dinilai Najwa berhasil memberikan informasi kepada masyarakat serta membuat masyarakat peduli dan empati terhadap tragedi Tsunami Aceh tahun 2004.
b. Tahun 2006, Najwa terpilih menjadi jurnalistik terbaik Metro TV.
c. Tahun 2006, Najwa terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar di Amerika.
d. Tahun 2006-20015, Najwa menjadi nominasi di Panasonic Award kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavorit.
e. Tahun 2007, Najwa masuk nominasi Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow presenter.
f.  Tahun 2011, Najwa menjadi Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum (WEF). 
g. Tahun 2015, Najwa berhasil memenangkan piala Panasonic Award kategori Presenter Talkshow Berita dan Informasi Terfavori. 
h. Tahun 2012, Najwa terpilih sebagai pemandu debat menyisihkan sejumlah pembawa acara yang diseleksi KPUD DKI Jakarta. Najwa berhaisl menyingkirkan beberapa saingan beratnya. 
Baca juga Artikel sebelumnya : Dibalik Suksesnya "Kick Andy" - Biografi LENGKAP Andy F Noya
Next Artikel : Biografi Sri Mulyani– Pakar Ekonomi dengan Segudang Prestasi



“Jika anda ingin bertanya mengenai artikel dan memberikan saran serta kritik. Silahkan tulis pada kolom KOMENTAR dibawah. Kritik dan saran anda sangat berarti bagi penulis“
Sumber dan referensi:

1 comment :

  1. Yuk mari Join dan Main di ROYALQQ.POKER
    Pasti seru deh....
    Main dan menangkan Jackpot! RATUSAN JUTA RUPIAH bosq ^^

    ReplyDelete