Thursday, November 3, 2016

BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN “ Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq”

  No comments
BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN
“ Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq”

Setelah  nabi Muhammad s.a.w.  wafat , kepeminmpinan dilanjutkan oleh khulafaur-rasyidin yang berjumlah empat orang. Salah satunya adalah abu bakar ash-shiddiq memimpin pada 11-13 H atau 632-634 M.

Abubakar ash-shiddiq lahir pada tahun gajah di makkah. Nama asli abu bakar ash-shiddiq adalah abdul-Ka’bah. Kemudian diganti  oleh Rasulullah menjadi Abdullah. Nama abu bakar hanyalah sebuah julukan yang diberikan karena beliau adalah orang yang pertama kali masuk islam dan beliau diberikan nama tambahan ash-shiddiq yang artinya adalah membenarkan. Nama ash-shiddiq diberikan karena abu bakar adalah orang yang pertama kali membenarkan Rasullulah pada saat isra’ Mi’raj.
Setelah menjadi dewasa beliau dikenal sebagai pedagang yang sangat disiplin, jujur, dan pemurah selain ahli dalam berdagang abu bakar ash-shiddiq ini juga cerdas dan sangat mempunyai wawasan pengetahuan yang luas seperti pandai dalam bidang sejarah, sastra, diplomat, dan politikus. Berbekal kecerdasan dan mempunyai ilmu yang luas abu bakar ash-shiddiq tidak ingin mengikuti jejak nenek moyangnya yang seorang quraisy yang sering mabuk mabukan dan berfoya foya. Karena beliau tau bahwa pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang haram dan dapat berakibat buruk.

Ilustrasi Abu Bakar ash-Shiddiq

Sejak kecil abu bakar ash-shiddiq sudah mengenal Nabi Muhammad s.a.w. selama berteman dengan nabi Muhammad abu bakar ash-shidiq tidak pernah mengalami perselisihan yang dapat merenggangkan hubungan persahabatan keduanya.
Hubungan abu bakar dengan nabi Muhammad semakin erat setelah nabi Muhammad menikah dengan anak abu bakar yaitu aisyah. Setelah wafatnya rasullullah, abu bakar ditunjuk sebagai imam shalat yang menggantikan rasullullah . Atas persetuuan kaum Muhajirin dan Anshar abu bakar diangkkat menjadi khalifah pertama yang menggantikan Rasullullah sebagai pemimpin tertinggi kaum muslim sekaligus menjadi kepala Negara serta kepala pemerintahan. Meski ditentang oleh sebagia kaum Syiah karena menurut mereka nabi perah memilih Ali bin Abi Thalib sebagai penggantinya, namuun Ali bin  Abi Thalib menyatakan bahwa beliau akan setia dan mendukunng Abuu Bakar sebagai Khalifah. Saat itu , umat islma berirkan untuk menetapkan Abu Bakar ash-Shiddiq sebagai khalifah. Ikrar tersebut dikenal sebagai ikrar Tsaqiifa karena ikrar tersebut diselenggarakan ditempat bernama Tsaqifa.

Ilustrasi 4 Khulafaur Rasyidin

Setelah beliau menjadi khalifah, abu bakar disibukan oleh sebuah pemberontakan dan pelurusan aqidah yang melenceng setelah rasullulah wafat. Banyak kaum muslim yang tipis imannya menjadi murtad , mereka berusaha menyerang kota Madinah. Tetapi abu bakar berhasil menumpas kelompok tersebut sebelum memasuki kota madinah dengan bantuan Ali bin Abi Thalib sebagai panglima perang beserta thalhah bin ubaidilah dan Abdullah bin ma’sud. Tidak hanya itu abu bakar ash-shiddiq juga menghadapi orang orang yang megaku bahwa mereka adalah nabi baru yaitu Musailamah al_kadzdzab, Thulaihah bin Khuwalid al-aswad dan mereka ingin menghancurkan madinah. Tetapi nabi palsu itu gagal untuk menyerang madinah karena khalid bin walid , ikrimah, muhajirin bin umaiyah berserta pasukannya dapat meruntuhkan kaum nabi nabi palsu tersebut.
Abu Bakar ash-Shddiq juga memerangi kaum yang tidak membayar Zakat sebab orang orang tersebut beranggapan bahwa kewajiban membayar zakat tida ada lagi setelah wafatnya nabi Muhammad s.a.w. maka demikian abu bakar akan memreangi orang orang yang menolak menyerahkan aanak kambing menjadi zakat.
Dengan gugurnya 140 orang penghafal al-Quran dalam pentempuran di yamamah dan sumur marwah, maka umar bin khatab kawatir jika tidak akan ada para penghafal al-Quran lagi. Maka umar bin khatab mengusulkan kepada abu bakar ash-shiddiq untuk mengumpulkan ayat ayat al-Quran. Dalam penulisan ayat yat al-Quran ini abu bakar menyuruh zaid bin tsabit menuliskan ayat ayat al-quran di pelapah kurma, batu, daun-daun,tulang unta, tanah dan juga dari sahabat sahabat yang hafal al-Quran. Setelah ditulis dilembaran lembaran , ayat ayat al-Quran diikat dengan kuat dan disusun sebagaimana telah ditetapkan oleh Rasullulah .
Setelah usainya pemberontakan dan berbagai macam masalah internal, abu bakar ash-shiddiq mellanjutakan misi Rasullulah yaitu untuk menyebarluaskan syiar islam keluar Jazirah arab dan seluruh dunia. Abu bakar ash-shiddiq mengutus orang orang ke percayaan menuju ke Bizantium dan Sassanid sebagai misi penyebarann agama islam.
Pada saat abu bakar ash-shiddiq sedang sakit , beliau memerintahkan Umar bin Khaththab untuk menjadi iman shalat untuk menggantikan beliau. Abu bakar ash-Shiddiq wafat pada tanggal 12 Jumadil-akhir 13 H, bertepatan pada tanggal 12 Agustus 634 pada umur 63 tahun dan telah memimpin selama 2  tahun 3 bulan . Beliau dimakamkan di sisi makam Rasulullah s.a.w. di masjid Nabawi Madinah. Abu bakar ash shiddiq membuat wasiat pemimpin atau khalifah digantikan oleh Umar bin Khaththab  agar tidak terjadi perpecahan kaum.



No comments :

Post a Comment