Monday, November 21, 2016

Kisah Inspiratif Desainer Kondang Anne Avantie

  No comments

Kisah Inspiratif Emansipasi Wanita Desainer Kondang Anne Avantie
Anne Avantie
Siapa yang tak kenal Anne Avantie desainer kondang Indonesia yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia  bisnis fashion melalui koleksi kebaya hasil rancangannya yang menjadi masterpiece di setiap karyanya.  
         Ya designer Sianne Avantie atau yang lebih akrab dengan Anne Avantie lahir di Semarang pada tanggal 20 Mei 1954 di RS Bunda. Anne avantie memilki darah keturunan tionghoa yang berasal dari kedua orang tuanya.  Anne kecil banyak menghabiskan masa kecilnya di kota Solo. Anne Avantie menikah dengan Yoseph Henry dan dianugerahi 3 orang anak, yaitu Intan Avantie, Ernest Christoga Susilo dan Ian Tadio Christoga Susilo.Dalam perjalanan karirnya sang ibulah  merupakan sosok penting yang memegang kunci kesuksesan hidup Anne Avantie.  Ibunya terus saja meyakini bahwa Anne kecil memiliki talenta dan bakat yang berbeda dibanding teman sebayanya. Saat anne goyah , sang ibulah yang menjadi penyemangat hidupnya. Anne dikelilingi orang-orang terkasih yang selalu mendukung karirnya. Begitu pula dengan semua keluarga besarnya yang selalu memberikan semangat serta doa yang terus dikenang oleh anne hingga sekarang.

Anne Avantie dan Sang Ibu 
       Bakat anne dalam dunia mode mulai terlihat sejak ia masih sangat belia dan duduk di bangku sekolah dasar.Passsion anne pada dunia mode anne perlihatkan dengan memulai merancang kostum panggung untuk berbagai hiburan remaja pada kala itu. Talenta yang dianugerahi kepadanya tentu tidak akan disia-siakan begitu saja, dengan tekun dan ulet bakat yang telah anne miliki berubah menjadi hobby dan bisnis. Dan akhirnya pada tahun 1989 anne avantie memulai jejak perjalanan karirnya sebagai desainer .

      Roda  karir anne avantie hingga mencapai puncak kesuksesan tentu tak semulus yang dibayangkan rintangan dan cobaan pasti pernah menerpa perjalanan bisnisnya, namun dari situlah anne terus belajar dan memperbaiki kekurangannya. Dalam rancangan kebaya yang disuguhkan anne avantie mengusung konsep bertemakan Indonesia dan selalu menyisipkan unsur serta etnik budaya nusantara. itulah yang menghantarkan anne avantie menjadi desainer kondang Indonesia yang karyanya tak perlu diragukan lagi.

Koleksi Kebaya Anne Avantie
        Perkembangan tren budaya dan fashion yang terus berkembang tidak membuat anne avantie kehabisan ide brilian untuk karyanya. Anne harus memiliki terobosan terbaru pada rancangan kebayanya agar dapat diterima di masyarakarat. Anne ingin karyanya dapat menjadi kebanggan untuk kalangan yang memakainya sehingga hasil karyanya dapat diterima di dalam negeri maupun internasional. Ambisi anne yang begitu kuat untuk memperkenalkan budaya Indonesia dengan cara melibatkan koleksi kebaya rancangannya dalam pentas pemilihan Putri Indonesia maupun Miss Universe.

Prestasi membanggakan berkat kerja keras dan kegigihannya Anne Avantie dibuktikan dengan sejumlah penghargaan diantaranya:
  • “Kartini Award” tahun 2004 – 2005 dan tahun 2008 dari Ibu Negara, Ny. Kristiani Susilo Bambang Yudhoyono. Anugerah tersebut merupakan penghargaan serta apresiasi terhadap Anne Avantie sebagai perempuan pengusaha yang berhasil mengembangkan industri kecil.
  • “Wanita Indonesia Bisa“ penghargaan yang diberikan oleh menteri pemberdayaan perempuan Ibu Meuttia Hatta pada peringatan hari Ibu tahun 2008. 
  • Buku Biografi Anne Avantie, “Aku Anugerah & Kebaya “ yang ditulis oleh Albertine Endah. 

      Kesuksesan besar yang diraih anne avantie tidak menutup pintu hati kemanusiaan dan solidaritasnya terhadap sesama. Berawal dari pengalaman sang ibunda yang divonis kanker serviks. Selama 13 tahun lamanya Anne terus menemani ibunya menjalani perawatan hingga saat kesembuhan ibunya membuat Anne tak berhenti untuk bersyukur. Di situlah kiprah kemanusiaan Anne dimulai, Ia berkeinginan keras untuk ‘membayar’ mukjizat yang diberikan oleh Tuhan terhadap kesembuhan yang didapat ibunya. Pada tahun 2000 Anne mulai bekerja sama dengan RS St. Elisabeth Semarang yang mendirikan Pelayanan Kasih Hydrocephalus (PKH). Dukungan yang diberikan oleh Anne tak hanya berupa materi, tetapi juga ikut melayani sesama. Dedikasi anne tercurahkan pada Wisma Kasih Bunda yang merupakan tempat untuk melayani pasien anak-anak penderita Atresia Ani , Tumor, Labiopalataschisis, bibir sumbing dan penyakit-penyakit yang membutuhkan penanganan darurat secara gratis. 

Fashion Show "Merenda Kasih"

       Selama 25 tahun berkiprah sebagai desainer dalam dunia dan bisnis fashion , anne avantie menggelar pegelaran fashion show bertajuk “Merenda Kasih” di Jakarta Convention Centar untuk memamerkan semua hasil karyanya yang mengagumkan. Anne Avantie berharap pagelaran busana itu menjadi panggung pagelaran penuh cinta dan harapan bangsa indonesia. Fashion show  rancangan busana kebaya karya Anne Avantie yang dipamerkan dan dikenakan oleh para model dan para selebriti tanah air dari berbagai generasi.

“Kalau aku berjalan, aku berharap bekas telapak kakiku tidak terhapus begitu saja. Aku ingin banyak telapak-telapak kaki lain yang mengiringi langkahku! - Anne Avantie."


       Anne avantie memang  sosok yang sangat inspiratif bagi kaum wanita Indonesia. Walaupun dianugerahi talenta , bakat serta kesuksesan besar Anne tak lupa dengan kodratnya sebagai perempuan. Keteladanan Anne memang layak menjadi cermin dan panutan bagi wanita Indonesia.



Simak dan nantikan terus kisah-kisah inspiratif lainnya. klik disini

No comments :

Post a Comment