Thursday, October 20, 2016

Biografi singkat Kartini lengkap dengan gambar

  3 comments

RA Kartini

1. LATAR BELAKANG KEHIDUPAN

Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Dialah satu-satunya tokoh pahlawan nasional yang diperingati hari lahirnya. Sejak kecil kita sudah mengenal sosoknya melalui lagu "Ibu kita Kartini".

Bapak dan tiga saudara perempuan Kartini.

Kartini lahir pada jaman penjajahan Belanda. Dia merupakan keturunan bangsawan dari seorang ayah bernama Raden Mas Adipati Ario Sosrodiningrat yang pada saat itu merupakan calon bupati Jepara. Ibunya bernama M.A Ngasirah berasal dari kalangan masyarakat biasa. Dikarenakan peraturan Belanda yang mengharuskan bupati beristri dengan seorang bangsawan, maka ayah Kartini menikah lagi dengan keturunan bangsawan Madura yaitu R.A Woerjan. Dikarenakan adat istiadat, sejak kecil Kartini sudah terbiasa melihat ketidakadilan yang terjadi antara kaum perempuan dan kaum laki-laki.

2. MASA KECIL KARTINI

Kartini merupakan generasi pertama yang menerima pendidikan dari Belanda. Di Sekolah Kartini sering sekali melihat diskriminasi seperti, setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, pemanggilan murid-murid dipanggil berurutan berdasarkan warna kulitnya dan keturunannya. Kartini ialah sosok yang mudah bergaul, pandai, serta aktif dikelas.

Kartini saat masih kecil bersama saudaranya

3. MASA REMAJA KARTINI

Ketika lulus SD, Kartini ingin sekali melanjutkan pendidikannya, namun ayahnya melarang. Dengan alasan untuk mematuhi adat istiadat bangsawan Jawa yaitu harus bersedia menerima lamaran laki-laki tanpa memiliki hak untuk menolak. Sementara berbeda dengan sudara laki-lakinya Kartini yaitu Raden Sosrokarto. Dia boleh melanjutkan pendidikannya. Sosrokarto sering mengirim buku bacaan kepada Kartini. Dengan semangat Kartini belajar dari buku-buku tersebut. Dari buku yang Kartini baca, Kartini secara diam-diam mengajarkan kesetaraan kepada adik-adiknya. Karena hal inilah Kartini merupakan gadis pertama yang menentang adat peradaban Jawa. Sang ayah pun akhirnya membebaskan Kartini dan adik-adiknya.

Sekolah pendirian Kartini

Setelah dibebaskan oleh ayahnya, Kartini membangun sekolah pertama khusus wanita. Pertama hanya memiliki satu orang murid, tetapi lama-kelamaan murid kian bertambah. Pada kesempatan lainnya, Kartini pun membuat tulisan-tulisan mengenai kondisi masyarakat, budaya, dan adat istiadat Jawa.

4. KISAH PERNIKAHAN


Kartini dan suaminya

Banyak sekali cibiran masyarakat Jawa terhadap tindakan Kartini ini. Hingga pada akhirnya membuat ayah Kartini jatuh sakit. Kartini pun menuruti perintah ayahnya untuk menikah dengan RMA Ario Singgih Djojodiningrat.

Kartini pun menerima lamaran Raden Djojodiningrat ini, dengan syarat: Kartini bebas membuka dan mengajar di Sekolah yang didirikannya, dalam proses pernikahannya Kartini tidak menginginkan proses adat Jawa yang melambangkan ketidak setaraan antara pria dan wanita. Djojodiningrat menerima syarat dari Kartini ini dan mereka menikah pada tanggal 12 November 1903.

Dari hasil pernikahannya Kartini memiliki seorang anak bernama Soesalit Djojodiningrat. Setelah melahirkan, Kartini jatuh sakit dan meninggal pada tanggal 17 September 1904.

Setelah Kartini meninggal, perjuangan nya masih tetap terasa dari tulisannya yang berjudul "Habis gelap terbitlah terang" yang diterbitkan di Belanda pada tahun 1911. Tulisan ini membuat geger warga Belanda, suara Kartini pun terdengan hinga wilayah Eropa.

Dari semangat Kartini inilah perbedaan antara wanita dan pria mulai menghilang dan disetarakan. Sejak saat itu munculah sekolah-sekolah wanita di berbagai penjuru.

"Sungguh besar jasanya" ya mungkin ini kata yang dapat mewakilkan sosok Kartini ini.

Buat lo yang mau membaca sejarah singkat kartini, bisa download file pdf link ini:
Sejarah Lengkap Kartini PDF


3 comments :