Tuesday, December 13, 2016

Lukisan dan Biografi Hendra Gunawan

  No comments

5 PELUKIS TERKENAL DI INDONESIA

[ BAGIAN 5 ] 

Pelukis Terkenal Hendra Gunawan
Hendra Gunawan

Keberhasilan tidak akan didapatkan dengan mudah tanpa didasari dengan niat yang tulus dan besar, ketekunan dan keberanian  untuk melangkah maju.

SILSILAH HENDRA GUNAWAN

Hendra Gunawan adalah seorang pelukis yang lahir di kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 11 Juni 1918 dan wafat pada tanggal 17 Juli 1983 di Denpasar, Bali. Beliau adalah putra dari Raden Prawiranegara dan Raden Odah Tejaningsih. 

Ketika Hendra Gunawan masih kecil, beliau sangat tekun belajar menggambar segala macam yang ada di sekelilingnya seorang diri. Hingga ketika beliau duduk di bangku kelas 7, beliau sanggup melukis sebuah pemandangan alam. 

PENDIDIKAN YANG DITEMPUH HENDRA GUNAWAN

Setelah Hendra Gunawan berhasil menyelesaikan pendidikannya di SMP Pasundan, Hendra Gunawan mulai serius mempelajari melukis. Pada awal mulanya, Hendra Gunawan belajar kepada seorang pelukis pemandangan Wahdi Sumanata yaitu Abdullah Suriosubroto yang merupakan ayah dari Basuki Abdullah.
Lukisan Pemandangan Wahdi Sumanta


Selanjutnya, setelah Hendra Gunawan belajar melukis pada Abdullah Suriosubroto, beliau bertemu dengan Affandi Koesoema, Sudarso dan Barli. Kemudian mereka membentuk sebuah tim dan diberi nama Lima Serangkai. Hingga akhirnya mereka mengadakan latihan untuk melukis bersama di rumah Affandi. 

Bertemunya dengan Affandi adalah tahap dimana Hendra Gunawan merasakan terinspirasi untuk menjadi seorang pelukis. Sehingga akhirnya beliau memberanikan diri untuk berkecimpung di dunia lukis dan didasari dengan niat tulus dan besar dan ketekunan. Dengan bermodalkan pensil, kertas, kanvas dan cat, beliau mulai berkarya. Bukti keberanian beliau untuk tetap maju menjadi seorang pelukis dibuktikan dengan membentuk Sanggar Pusaka Sunda pada tahun 1940-an dan mengadakan pameran bersama dengan pelukis Bandung lainnya. 

ORGANISASI YANG DIIKUTI HENDRA GUNAWAN

Ketika Hendra Gunawan masih muda, beliau aktif dalam organisasi PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat). Organisasi ini diprakarsai oleh tiga serangkai yaitu Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan K.H Mas Mansyur. Selama masa penjajahan Jepang, Hendra Gunawan banyak membantu para pemudak yang memiliki minat dalam bidang lukis dan seni patung. Hendra Gunawan juga banyak melukis di tempat-tempat terlarang bersama dengan kawan-kawannya sehingga pada saat revolusi pecah, Hendra Gunawan ikut berjuang. 

Dengan ikut, berjuang pada saat revolusi, Hendra mendapat banyak inspirasi dan Hendra Gunawan mampu melahirkan karya lukisan-lukisan yang revolusioner. Kontribusi lain Hendra Gunawan terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu, membuat poster-poster perjuangan. 

HASIL KARYA LUKISAN HENDRA GUNAWAN

Lukisan Hendra Gunawan
"Perempuan dan Rajungan" oleh Hendra Gunawan
 

Lukisan Hendra Gunawan
"Pasar Tradisional" oleh Hendra Gunawan

"Perang Gerilya Ok" oleh Hendra Gunawan
Baiklah teman-teman, itulah 5 Pelukis Terkenal di Indonesia. Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga Artikel saya dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Nantikan Artikel saya yang lainnya ya...

Lihat artikel Pelukis Terkenal Lainnya Affandi Koesoema, Basuki Abdullah, Raden Saleh, Djoko Pekik



No comments :

Post a Comment