Sunday, November 20, 2016

INILAH SOSOK DIBALIK RAMINTEN (1)

  4 comments
       Raminten? Buat kalian yang pernah ke Yogyakarta pastinya tidak asing dong dengan kata itu? Siapakah sosok dibalik Raminten? Kita bahas bagaimana perjalanan lika-liku yang dilaluinya.

       Sosok dibalik Raminten ini adalah Hamzah Sulaeman yang lahir pada 7 Januari 1950 di Yogyakarta. Kita bahas singkat tentang Raminten. Kenapa harus Raminten? Raminten adalah lakon yang pernah ia bawakan dalam acara ketoprak komedi yang berjudul “Pengkolan” yang tayang di TVRI. Sosok Raminten ini adalah wanita tua Jawa yang bahenol, suka melantunkan tembang sinden dan suka menari.

        Ingin tahu wujudnya? Lihat di bawah ini.

sosok dibalik raminten
Raminten
Sumber : goo.gl/Zluqjg

        Eiiits, balik lagi ke sosok Hamzah....

       Pria 66 taun ini merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Lahir dari pasangan Hendro Sutikno (Tan Kiem Tik) dan Tini Yuniati (Nyoo Tien Nie), keduanya merupakan pendiri Grup Mirota. Pada umur 6 tahun sosok Hamzah kecil ini berkecimpung dalam dunia tari. Dunia tari merupakan bakat yang ia miliki dan sukai. Raminten kecil ini juga pernah berpentas meski hanya menjadi seekor kera dalam pentas Ramayana, dan itupun membuat kedua orang tuanya bangga terhadapnya.

       Sosok dibalik Raminten ini juga pernah mengenyam bangku perkuliahan di Universitas Gajah Mada (UGM) di Jurusan Biologi, namun ia tak menyelesaikannya dengan baik dan memilih untuk berhenti. Selanjutnya ia berkuliah di IKIP di Jurusan Bahasa Inggris tingkat D2, dengan alasan adanya pendaftaran kerja di kapal. Selain itu, sosok dibalik Raminten ini juga sempat bekerja di Amerika.

       Namun pada tahun 1974, sosok dibalik Raminten keturunan Tionghoa ini memutuskan untuk kembali di Indonesia. Saat Hamzah berusia 25 tahun, Ayahnya meninggal dunia.  Dengan itu, ia harus meneruskan usaha keluarga bersama dengan keempat saudaranya. Usaha yang dimilikinya adalah toko kelontong dan toko roti yang bernama toko Minuman dan Roti Tawar sehinggan disingkat menjadi ‘Mirota’. Nah, karena sosok dibalik Raminten ini sangat berjiwa seni, maka ia membuka toko batik dengan nama warisan “Mirota Batik” sekitar tahun 1978-an.

"We'll Get Nothing without Hardwork" - Raminten


        Quote di atas menggambarkan bagaimana sosok dibalik Raminten ini berjuang, ia tak kan kenal putus asa dalam hidupnya walau telah jatuh berkali-kali. Sosok dibalik Raminten ini juga pernah memiliki grup tari The Glass & Dolls, namun gagal dan merugi. Selain itu, ia juga pernah memiliki usaha katering yang dikelola oleh "budhe" (dalam bahasa indonesia : tante), namun lagi-lagi mengalami kegagalan. Karena kegagalan yang diterimanya, Hamzah memfokuskan dirinya untuk mengembangkan Mirota Batik walaupun keadaan saat itu masih sangat sepi.

       Ingin tahu wujud asli sosok dibalik Raminten? Ingin tahu kisah perjuangan selanjutnya? Baca kisah selanjutnya disini

Artikel Terkait : 
- Gesang - Sang Maestro Bengawan Solo

4 comments :

  1. Kalau gak salah sekarang restorannya terkenal banget bahkan buka 24 jam. Jadi pengen kesana lagi rasanya hahahhah

    Gossip Artis Terhangat

    ReplyDelete
  2. ๐Ÿ˜Ž Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak ๐Ÿ˜Ž
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
    .
    Kaos Dakwah Wanita
    Testimoni di Instagram: #gootickapparel
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    ReplyDelete