Saturday, November 26, 2016

Biografi Pengusaha Catering Sukses Ala Anak Presiden

  2 comments
 " lha terus sing ngelanjutke sopo ? kalau saya jadi walikota siapa yang ngelanjutin ? kamu nggak nurut sama orangtua! "


Pada minggu lalu, saya sudah membahas mengenai sosok pengusaha sukses Yu Djum dalam artikel Sang Legenda Gudeg Jogja. Kali ini saya akan membahas sosok pengusaha sukses lain yaitu Gibran Rakabuming Raka.

Siapakah Gibran Rakabuming Raka ? sosoknya memang tidak terlalu dikenal publik. Tapi tahukah kamu, ia adalah putra sulung dari presiden kita yaitu Joko Widodo dan Iriana. Ia seorang entrepreneur muda yang sukses di bidang kuliner. 
  •  Riwayat Pendidikan

Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo pada tanggal 1 Oktober 1987. Anak pertama  dari 3 bersaudara ini sejak kecil tinggal di Solo, ia menempuh pendidikan sekolah dasarnya di Solo, kemudian saat SMP hijrah ke Singapura untuk melanjutkan Sekolah Menengah Atasnya (SMA) di Orchid Park Secondary (2002), setelah lulus ia melanjutkan kuliahnya di Management Development Institute of Singapore (MDIS), Singapura (2007), kemudian di University of Technology Insearch, Sydney, Australia(2010).
  •  Awal Karir


pengusaha sukses, pengusaha catering sukses
Gibran Rakabuming Raka diapit Bapak Jokowi dan Ibu Iriana 

Gibran tertarik kepada bisnis kuliner sejak ia masih berkuliah di Singapura, meskipun ia tidak berkuliah di jurusan Tata Boga, tetapi ia tertarik untuk mengembangkan bisnis tersebut di Indonesia. Setelah menyelesaikan studinya, pada tahun 2010 ia mulai membuka bisnis catering, saat itu ia hanya memiliki belasan karyawan. Untuk mendapatkan modal awal, ia harus mengajukan 7 proposal ke berbagai tempat, ia tidak mau meminta modal dari ayahnya, apalagi mendompleng nama ayahnya yang saat itu masih menjabat sebagai walikota Solo.  Untungnya 1 dari 7 proposal yang diajukan diterima oleh pihak bank, sehingga Gibran mendapatkan pinjaman dana sebesar Rp. 1M untuk membuka bisnisnya.

Pada saat itu, keluarga tidak mendukung keputusan Gibran untuk bisnis catering, bahkan Jokowi dikabarkan sempat marah besar kepada Gibran karena ia tidak mau meneruskan bisnis mebel keluarganya, “lha terus sing ngelanjutke sopo ? kalau saya jadi walikota siapa yang ngelanjutin ? kamu nggak nurut sama orangtua!“ Kata Jokowi. 
Gibran tetap bersikukuh untuk menjalankan bisnis kulinernya, karena ia berpendapat bahwa bisnis catering belum menjadi industri hanya masih usaha rumah tangga. ia bekerja keras agar bisnis cateringnya dikenal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat Solo. Ia menggunakan gudang mebel ayahnya untuk dijadikan sebagi kantor dan dapur catering. Akhirnya pada tahun 2011 cateringnya mulai dikenal dan diberi nama Chili Pari CateringService yang artinya keberanian dan kemakmuran, ia merekrut ratusan karyawan dan dapat melayani hingga ribuan pesanan.
  •  Catering Mulai Berkembang

pengusaha sukses, pengusaha catering sukses

Salah satu karya Chili Pari Catering
Catering Gibran menawarkan berbagai jenis masakan mulai dari Jawa, Jepang, Eropa, dan lain-lain. yang membedakan Chili Pari Catering Service dengan yang bisnis catering lainnya adalah Chili Pari Catering Service menerapkan sistem “piring terbang” sesuai dengan karaktristik orang Solo yang menerapkan prinsip “kalo tamu ngga dilayani, itu ngga sopan namanya”. Selain itu Chili Pari Catering Service juga melayani wedding organizer (pernikahan) seperti gedung, rias pengantin, dekor dan lain-lain. 

Melihat kesuksesan yang diraih Gibran akhirnya Jokowi luluh dan dan mengizinkan anaknya untuk mengelola catering wedding di gedung pertemuan Graha Saba milik Jokowi. Selain itu, bisnis cateringnya juga sering mengikuti event nasional dan internasional, ia juga menjabat  sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia(APJBI) kota Solo. 
pengusaha sukses, pengusaha catering sukses
Pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda
Dengan sifat ulet, tegas, jiwa kokoh dan mandiri yang dimilikinya, Gibran pun berhasil mencapai kesuksesan tanpa harus mendompleng nama orang tua dan mengandalkan  orang lain. Pada tanggal 10 Maret 2016 Gibran menikahi mantan Putri Solo 2009 yaitu Selvi Ananda dan dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra.
Baca kisah menarik lainnya disini. 

2 comments :

  1. It is essential to hire the best-suited and not just the best catering company for your company's event. Since every event caterer is different, it always helps to interview them before hire. Make sure to ask them questions on their food specializations, previous experiences or clients, presence of liability insurance or trade license and of course, the rates offered by them. halal food catering

    ReplyDelete