Sunday, November 20, 2016

Sujiwo Tejo-1: Seniman Jenius dan Nyentrik

  No comments

Tokoh ini punya segudang kemampuan di dunia seni, menulis, berakting, menyanyi, sutradara, melukis, jurnalis, memainkan beberapa alat musik, dan bahkan mendalang sejak kecil telah dilakoninya. Siapa sangka jiwa seni yang ada pada diri tokoh nyentrik kelahiran Jember, 31 Agustus 1962 pernah mengecap bangku kuliah di dua jurusan sekaligus, yaitu jurusan Matematika dan jurusan Teknik Sipil di Intitut Teknologi Bandung.

Setiap langkah yang telah dilewati hingga mencapai kesuksesan di panggung seni seperti sekarang ini tidak lepas dari restu ibu. Seniman jenius yang lahir dengan nama asli Agus Hadi Sujiwo ini memiliki kebiasan unik yang selalu ia lakukan sebelum berpergian keluar rumah saat masih berada dirumah di Jawa Timur. Beliau selalu bersujud  menghadap ke Utara dan ibunya Sulastri melangkahi dirinya tiga kali untuk memberi restu. Hal ini ia lakukan seperti kebiasaan tokoh wayang Arjuna yang diberi restu oleh Dewi Kunti. Walaupun sering melanggar pakem dalam cerita wayang, namun wayang tetap melekat didalam jiwanya.
Dunia kesenian telah menghiasi hidupnya sedari lahir. Ayahnya adalah seorang dalang dimana ia membantu ayahnya dalam menyiapkan peralatan perwayangan. Darah seni yang dimilikinya berhasil juga dia berikan kepada putra-putrinya. Bakat yang dimiliki anak-anaknya berbeda-beda, ada yang menyukai seni tari dan ada yang menyukai sastra. Ia mengaku tidak memberi paksaan kepada anak-anaknya. Kebebasan berkarya dengan karakter didikan yang tegas dan bebas itu metode yang seniman nyentrik ini ambil dalam mendidik anak-anaknya.
Kebebasan  berkarya yang diberikan kepada anak-anaknya membuat seniman nyentrik ini tidak lupa menyebarkan virus perwayangan kepada pemuda di Indonesia. Buku dan video di youtube adalah beberapa media yang digunakan untuk mengajarkan dan mengenalkan dunia perwayangan dengan tinjauan yang modern tentunya. Menjadi seorang dalang sudah seharusnya membuat orang-orang tertarik. Setiap mengisi talkshow maupun seminar dikampus, seniman jenius ini sering diminta untuk melakukan pementasan wayang. Hal ini membuktikan perkatan beliau bahwa ini dunia perwayangan tidak akan pernah mati. Salah satu kutipan yang menarik dalam perwayangan

Tuhan jika cintaku pada shinta terlarang mengapa Kau bangun megah perasaan ini dalam sukmaku. Didalam cinta tidak ada yg salah. Aku salah secara sosial. menculik istri orang tetapi adakah salah dalam mencinta seseorang

Selain menjadi seorang dalang, Seniman jenius ini juga sukses menjadi penulis. Keahlian ini didapatkannya karena kebiasaan membaca yang telah dilakukan saat masih tinggal di Jawa Timur. majalah berbahasa jawa Panjebar Semangat dan buku Jayabaya. Selanjutnya saat telah berkuliah di Bandung, bersama teman-temannya anak Loyola membaca bacaan barat seperti Picasso. Selama berkuliah inilah kecintaanya terhadap dunia seni semakin menjadi-jadi dan merasa ada panggilan yang akhirnya membuatnya memutuskan untuk meninggalkan dunia akademik. Keputusannya ini sempat membuat ibunya pingsan. Bagi seniman nyentrik ini hal yang wajar bila setiap orang berbeda pendapat. Setelah meninggalkan bangku kuliah, ia mulai bergelut di dunia jurnalistik di Kompas. Awalnya menulis dibidang iptek kemudian berpindah ke rubrik kebudayaan. Terkenal sebagai seoraang wartawan yang nyentrik dan berani dengan karya yang wah tetapi berbeda. Setelah 8 tahun akhirnya memutuskan untuk bersolo karir karena tidak seorang pun yang sanggup untuk menanganinya. Orang-orang menginkan dia menjadi orang yang fokus pada satu bidang saja, tetapi seniman jenius ini tidak bisa. Dia ingin melakukan banyak hal didunia seni ini, menulis, menyanyi, berakting dan berbagai bakat lainnya yang tidak heran mengapa beliau bisa menjadi seniman jenius sekarang ini.

Bersambung....

Referensi :
Satu Indonesia - Sujiwo Tejo : https://www.youtube.com/watch?v=5uaBtOaTNLw

Jangan sampai terlewatkan Sujiwo Tejo-2 : Seniman Jenius dan Nyentrik

Terima kasih telah membaca J Jika ingin tokoh-tokoh inspirasi kalian di buatkan autobiografi silahkan komen dibawah ini  dan kalian juga  bisa menginspirasi orang lain dengan kisah kalian loh! Jika berminat silahkan email ke :

Kisah inspirasi sebelumnya :



No comments :

Post a Comment