Wednesday, November 23, 2016

Rio Haryanto, Pembalap formula 1 muda Indonesia yang Berprestasi!

  No comments

Rio Haryanto, Pembalap formula 1 muda Indonesia yang Berprestasi!


Rio Haryanto

Rio Haryanto Lahir pada 22 januari 1993 di solo jawa tengah dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Rio Merupakan seorang pembalap formula 1 termuda Indonesia. Orang tuanya selalu menanamkan sikap disiplin, tekun, rendah hati dan dermawan kepada Rio. 

Rio Haryanto Bersama Ibunya
Sejak kecil Rio gemar melakukan tantangan bersama ayahnya yaitu mengemudikan gokart pada usia 6 tahun. Pada tahun 1999 Rio mulai terjun di arena balap gokart dan usianya masih sangat muda yaitu 6 tahun, “keren bukan”. Pada tahun 1999 ia juga memenangkan juara nasional kelas kadet. Ikatan Motor Indonesia kemudian menganugerahinya penghargaan sebagai Atlet Gokart Terbaik Junior pada tahun 2005 dan 2006.
Karting Championship 2005
Rio saat Juara Gokart tahun 2005
Pada bulan Juni 2008 ia berhasil menjadi juara pertama ajang Asian Karting Open Championship seri 1 di sirkuit Guia, Makau, Cina. Setelah 7 tahun lebih berkiprah di arena balap Gokart, tahun ini juga menandai awal karir Rio di arena balap mobil, ketika ia mengikuti ajang balap Asian Formula Renault dan Formula Asia 2.0. Perubahan jenis kendaraan yang dikemudikannya tidak menjadi penghambat prestasi Rio, di tahun berikutnya ia berhasil menjadi juara umum ajang Formula BMW , Rio berhasil meraih 14 podium pada tahun 2009 tersebut.
Rio Haryanto saat memenangkan Formula BMW
Ketika sedang tidak disibukkan oleh musim kompetisi, Rio kini tinggal di Singapura. Disana ia berkuliah di FTMS GLOBAL SINGAPORE yang mempunyai link dengan AngliaRuskin University UK, menempuh jurusan Bisnis Management. Dalam kesehariannya, meski sedang tidak berkompetisi, Rio tetap disiplin menjaga stamina dan kondisi fisiknya dengan rajin berolahraga. ketika sedang pulang ke tanah air, iapun kerap menyempatkan diri mengunjungi panti asuhan di Solo untuk membagikan kisah dan pengalaman tak ubahnya seorang kakak kepada adik-adiknya. Ia selalu memotivasi dan berpesan agar tetap fokus dan pantang menyerah demi menggapai sukses, ia berharap agar dapat menularkan semangat dan kegigihannya kepada generasi muda nusantara, seperti cita-citanya untuk berkeliling dunia menggaungkan nama Indonesia.

Prestasi

  • Juara Nasional Gokart kelas kadet pada tahun 1999
  • Penghargaan Atlet Gokart Terbaik Junior tahun 2005 dan 2006
  • Juara Pertama ajang Asian Karting Open Championship seri 1 tahun 2008
  • Juara umum formula BMW tahun 2009
  • Duta Anti Narkoba pada Tahun 2009
  • The Best Driver Manor Racing di GP europa tahun 2010
  • Duta komodo & IMI Award pada tahun 2010
  • People of The Years (POTY) & International Motorsport Driver tahun 2011
  • Pembalap termuda GP 2 Series tahun 2012
  • Motorsport Driver tahun 2012

 Sekian Artikel yang saya buat, semoga bermanfaat, terima kasih :D

No comments :

Post a Comment