Tuesday, November 15, 2016

Dahlan Iskan, Bocah Miskin yang Sukses dalam Usaha dan Pemerintahan

  No comments


Biografi Dahlan Iskan

Biografi dahlan iskan
              Dahlan iskan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara  lahir di Magetan, Jawa Timur pada tahun 1951. Namunn dia tidak pernah tau kapan tanggal tepatnya kemudian dia menggunakan tanggal 17 Agustus 1951 sebagai tanggal lahirnya agar mudah diingat. Beliau adalah putra dari Pasangan Mohammad Iskan dan Lisnah. Dia berasal dari keluarga yang sangat sederhana, ayahnya pernah berkata “Kemiskinan yang dijalani dengan tepat akan mematangkan jiwa”. Itulah yang membuat Dahlan Iskan selalu berusaha dan bekerja keras. Bahkan ketika ia sekolah dia tidak memiliki sepatu sehingga dia biasa berjalan kaki dan tidak memakai alas kaki. Keinginan nya waktu kecil adalah ingi memiliki sepatu dan sepeda, lucunya ketika dia telah memiliki sepatu dia tetap saja tidak memakai sepatu dan sepatunya ditenteng karena takut rusak.
                
           Dahlan Iskan pernah kuliah di fakulltas hukum IAIN Sunan Ampel dan di Universitas 17Agustus. Saat kuliah dia lebih sering mengikuti kegiatan kemahasiswaan dan menulis majalah dan koran dibandingkan dengan kuliah akhirnya dia tidak menyelesaikan kuliahnya dan pindah ke Samarinda untuk menjadi reporter di surat kabar local dan tulisannnya banyak diminati. Pada tahun 1976, Dahlan ke Surabaya dan menjadi wartawan di majalah Tempo. Walaupun sudah berkerja untuk Tempo, Dia sering juga menulis untuk koran lain untuk menambah penghasilan, namun diketahui oleh pimpinan tempo dan mendapat teguran. Pada tahun 1982, Dahlan Iskan menjadi pemimpin dari surat kabar terkemuka yaitu Jawa Pos. Namun surat kabar itu hampir bangkrut namun dibawah kepemimpinan Dahlan iskan produksinya naik sekitar 50 kali lipat yaitu dari 6000 eksemplar menjadi 300.000 eksemplar. Itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa dari seorang Dahlan Iskan. Kemudian dia mendirikan beberapa stasiun TV local seperti Batam TV, Riau TV, dll.
               
               Pada tanggal 23 Desember 2009, Dahlan Iskan menjadi Direktur Utama PLN menggantikan Fahmi Mochtar. Gebrakan pertama Dahlan Iskan adalah bebas bayar pet dalam 6 bulan di seluruh Indonesia. Banyak kebijakannya yang dinilai sukses dalam mensejahterakan rakyat. Pada tangggal 17 Oktober 2011, Dahlan Iskan menjadi menteri BUMN pada tanggal 17 oktober 2011. Target awal dahlaniskan adalah menyusutkan BUMN dalam programm restruktuisasi aset Negara. Pada bulan Desember 2012, ia memperkenalkan mobil sport listrik buatan anak bangsa, itu merpakan proyek pribadi nya. Pada Januari 2013, mobil Listrik tersebut mengalami kecelakaan karena ada masalah pada remnya.

                Baca juga biografi Dedi Mulyadi Bupati Purwakarta . . . 

Sumber:

No comments :

Post a Comment