Tuesday, November 29, 2016

Sejarah singkat Umar Bin Khaththab memeluk Islam

  No comments
Sejarah singkat Umar Bin Khaththab memeluk Islam
“Sesungguhnya kita adalah kaum yang dimuliakan oleh Allah dengan Islam, maka janganlah kita mencari kemuliaan dengan selainnya,”  
Umarbin khaththab lahir pada tahun gajah , umar adalah anak Quraisy yang terdidik sejak kecil sehingga belaiau cerdas , pemebrani dan pandai. Sejak kecil umar sudah diberi  tanggung jawab memelihara domba dan unta. Setelah dewasa umar ikut berdagang sebagaimana orang kafir quraisy pada umumnya.
Sebelum masuk Islam , Umar sangat benci kepada orang orang yang telah masuk islam. Pada saat itu umar sangat senang sekali menyakiti orang oranng islam disekitarnya. Pagi,siang,malam Rasulullah s.a.w selalu berdoa kepada Allah agar umar mendapat hidayah agar masuk Islam . Setelah lima tahun rasullulah bejuang menegakkan dan mengembangkan islam. Sejak itulah umarpun masuk Islam.
Riwayat umar bin khaththab memeluk islam sangatlah unik. Mengapa demikian ?? karena pada waktu itu sebenarnya umar mendapat tugas untuk membunuh Rasullullah s.a.w dengan pedang yang sudah disiapkannya. Namun pada saat pertengahan perjalanan, umar bertemu dengan Nu’aim ibnu Abdillah. Melihat gelagat umar yang beringasan, karena terkenal dengan sebutan si jago pedang. Nu’aim bertanya :” Mau kemana kau wahai umar ? “ umar menjawab : “ Mau membunuh Muhammad s.a.w. yang telah memecah belah kaum quraisy dan mencela agamaku” Deengan sopan Nur’aim menjawab : “ Alangkah baiknya kamu mengurus keluargamu sendiri umar. Ketahuilah wahai umar bahwa Fatimah adikmu dan suaminya Ibnu zaid sudah mengikuti agama Muhammad!
Mendengar penjelasan tersebut umar sangat geram dan marah sekali. Umar tidak jadi mencari Muhammad tetapi dia langsung menuju ke rumah adiknya. Begitu tiba dirumah Fatimah umar mendengar adiknya sedang membaca Al-Quran. Saat itu umar bertambah geram dan marah epada adiknya. Beliau membentak Fatimah “ hai , Fatimah apa yang kkamu baca tadi “ Fatimah dan suaminyapun tidak menjawab. Sehingga membuat umar berusaha menampar Fatimah tetapi dihalangi oleh suaminya sehingga suaminyapun tersungkur dan mukanya berdarah. Pada saat itulah umar merebut lembaran lembaran Al-Quran  dari tangan Fatimah. Kemudian ayat ayat tersebut dibacanya denagn seksama dan dihayati oleh umar. Belum sempat selesai membacanya, hati umarpun gemetar dan beliau meredakan amarahnya.
Dengan suara lirih umarpun meminta kepada Fatimah  untuk menunjukan dimana nabi Muahammad s.a.w beradaa. Karena kawatir fatimahpun tidak memberitahukan dimana umar berada namun setelah umar menjelaskan maksud bahwa beliau ingin menemui nabi Muhammad untuk masuk islam, barulah Fatimah menunjukan dimana Rasullulah s.a.w. dan sahabat rasul berada. Umar tiba di rumah arqam bin arqam , tempat nabi dan para sabahabatnnya berkumpul. Dengan hati kusyu dan iklash umar berdiri dan mengetuk pintu .
Bangkitlah Hamzah bin abdul-Muthalib mohon kepada rasullullah seraya berkata “ wahai rasullulah, perkenankan saya menjumpainya. Apabila ia bermaksud baik, maka akan aku beri kesempatan untuk masuk, tetapi jika ia berniat jahat, maka akan saya bunuh dengan pedang saya sendiri. Nabi diam sesaat dan bersabda : “Bergembiralah kamu semua! Sesungguhnya umar telah datang kepada kamu, sedangkan cahaya islam terletak diantara kedua matanya “. Kemudian nabi mempersilahkan dan memperkenankan umar bin khaththab untuk masuk kedalam rumah Arqam . Pada saat itu umar berimpuh dihadapan Rasullulah , seraya untuk meminta maaf sebesar besarnya atas segala perbuatan yang telah beliau lakukan dan mengucapkan kalimat syahadat.


Setelah masuk islam dan menjadi tauladan yang baik dan adil. Umar menhapus kalimat “hayya ‘ala khairil ‘amal “(bersegeralah untuk melakukan sebaik baiknya perbuatan) pada salah satu lafal adzan dan umar menambahkannya kalimat “Ash-shalaatu khairun minan-naum”(shalat itu lebih baik dari pada tidur).
Sebelum wafat, Abu bakar Ash shiddiq telah bermusyawarah kepada para sahabat dan beliau memutuskan bahwa umar bin khaththab pantas untuk menggantikann posisinya.Setelah diangkat menjadi khalifah umar bin khaththab menyebt dirinya sebagai Amirul-Mukminnin yang artinya pemimpin orang beriman.
Dalam menjalankan tugas umar snagat mencitai rakyatnya. Dibalik sikapnya yang keras tertanam kebijakan dan keadlian. Belaiau juga senantiasa mendahulukan kepentingan rakyatnya Hal hal yang telah dilakukan umar bin khaththab kepada rakyatnya adalah
  1. Perencanaan kalender Hijriyah dan menetapkan bahwa tanggal satu muharram adalah menjadi awal perhitungan tahun dalam islam
  2. Melakukan perbaikan pemerinttahan dalam negeri sebagai Negara islam. Sebagaimana membagi bagi Negara dalam beberapa wilayah , membentuk berbagai undang undang  dan mengadakan dewan-dewan seperti dewan tetara, harta benda ,dan dean kehakiman
  3. Memeprluas wilayah Negara islam  dengan menaklukan damaskus, menaklukan baitul maqdis penyiaran islam ke mesir dan penyiran islam ke Persia
Umar bin khatab wafat pada tanggal 1 muharram 23H (644M) dalam usia 63 th dan dimakmkan disamping makam rasulullah s.a.w. dimadinah.  Umar memerintah selama 10 tahun 6 bulan. Umar bin khathtahb wafat karena dibunuh , Pembunuhan terjadi di masjid oleh Abu lu’lu’ atas hasutan Ka’ab. Abu lu’lu adalah seorang tukang cat , pandai besi, dan juga tukang kayu.Umar mengetahu profesi abu lu’lu beliau memesan sebuah kincir angin.
Hal ini dijadikan kesempatan abu lu’lu untuk mengetahui segala kegiatan umar bin khaththab.Setelah kincir angin selesai , dikirimkannya kerumah khalifah umar. Keesokan harinya abu lu’lu mengetahui bahwa setiap menjellang fajar khalifah umar pasti ke masjid untuk  shalat berjamaah subuh. Saat itulah abu lu’lu berhasil membunuh khalifah umar dengan enam orang lainnya yang sedang khuyuk menjalankan shalat subuh. Setelah abu lu’lu berhasil membunuh umar bin khaththab . beliauppun membunuh dirinya sendiri dengan pedangnya,

Ilustrasi film Umar Bin khathtab eps 1










No comments :

Post a Comment