Saturday, December 17, 2016

K.H. As’ad Humam, Kakek dibalik sampul iqro

  No comments
K.H. As’ad Humam, Kakek dibalik sampul iqro

         
      Siapa yang tidak pernah melihat sosok kakek dibalik sampul iqro ini ? pasti semua umat islam pasti pernah melihatnyaa dan pasti prnah mempeelajari buku tersebut..
   Kyai Haji As'ad bin Humam, atau K.H. As'ad Humam, lahir di Yogyakarta pada tahun 1933 dan beliau wafat pada tanggal 2 Februari 1996 di Yogyakarta pada usia 63 tahun. Beliau adalah pelapor metode cara cepat belajar al Qur’an yaitu metode iqro. Pada awalnya pengembangan metode Iqro yang digagas oleh KH As’ad Humam hanya perantaraan dari mulut ke mulut namun karena ketekunan KH As’ad, metode Iqro mampu dikembangkan secara luas dan diterima baik oleh masyarakat di Indonesia bahkan di dunia internasional.
            Banyak para penguji menguji coba terhadap keakuratan metode iqro ini. Dan ternyata hasilnya membuktikan bahwa metode ini sangat akurat , sederhana dan sangat mudah untuk orang orang yang pertama kali ingin belajar Al-quran. Pada tanggal 21 Rajab 1408 H, yaitu pada tanggal 16 Maret 1988, didirikanlah Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA) AMM Yogyakarta. Dan setelah itu setahun kemudian, tepatnya tanggal 16 Ramadhan 1409 H (23 April 1989) didirikan pula Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) AMM Yogyakarta.
Perkembangan Iqro’ pun menyebar luas tidak hanya di di Yogyakarta Dan Jawa Tengah saja namun sudah sampai ke pelosok-pelosok tanah air dan mancanegara. Bahkan di Malaysia, metode Iqro ditetapkan sebagai kurikulum wajib di sekolah. Metode Iqro’ sendiri telah sering diteliti. Hasilnya, metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TKA-TPA bagi anak usia TK (4,0 – 6,0) dalam waktu 6–18 bulan mereka sudah dapat mencapai angka 89,9% yang bisa memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an.
Sedang untuk anak usia SD ternyata lebih cepat dari pada anak usia TK . Dalam waktu 12 bulan, mayoritas dari mereka (84,31%) telah lancar membaca al-Qur’an. Waktu  metode iqroo relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan metode (kaidah) Baghdadiyah yaitu metode yang  melalui sistem pengajian “tradisional” yang memerlukan waktu 2–5 tahun.
Ternyata semua itu mampu memmbuat kembali umat Islam Indonesia untuk mempelajari Al-Quran..Tak hanya di dalam negeri, buku Iqropun sangat membantu dimancanegara seperti negeri Jiran Malaysia, Singapura, Bruney Darussalam, Arab Saudi, bahkan Amerika.

"Belajar Huruf Hijaiyah Iqro "




No comments :

Post a Comment