Sunday, December 18, 2016

Andrea Hirata, Penulis Tanah Belitung

  No comments


Andrea Hirata (penulis tanah Belitung) adalah seorang penulis buku yang terkenal. Salah satu karyanya yang paling laris adalah Laskar Pelangi. Buku tersebut menceritakan perjuangan dan kisah hidup persahabatan seorang anak SD. Perahabatan tersebut berlangsung sampai mereka dewasa. Mereka yang awalnya berasal dari sekolah miskin, mampu mengalahkan sekolah elite milik para pekerja tambang.
                Andrea Hirata Seman Said Harun (penulis tanah Belitung), begitu nama lengkapnya. Lahir di pulau Belitung pada24 Oktober 1982. Latar belakang pendidikan nya bisa dibilang sangat menyimpang dari dunia sastra. S1 Ekonomika Universitas Indonesia, itulah pendidikan perguruan tinggi pertamanya. Lalu bekerja di kantor pusat PT Telkom dan mendapat beasiswa Uni Eropa untuk meneruskan Studi Master of Science nya di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis. Ia juga berkesempatan menuntut ilmu di Sheffield Hallam University, United Kingdom.
                Meski begitu, bakat menulis nya memang sangat Nampak. Hal ini terbukti dari tesis nya di  bidang ekonomi telekomunikasi telah berhasil mendapatkan penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cumlaude. Bahkan tesis tersebut telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia. Tesis yang ia tulis merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang disusun oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.
                Ketika ia menjadi relawan untuk korban tsunami di Aceh, niat untuk menuliskan pengabdian sang inspiratornta kembali membuncah. Hal yang membangkitkan kembali niat nya manakala ketika ia melihat rumah, sekolah, dan bangunan yang hancur. Memori akan masa kecilnya kembali bangkit. Tentu saja Bu Mus, salah satu karakter yang ia jadikan tokoh di bukunya menjadikan hatinya semakin mantap. Bu Mus merupakan guru tercintanya. Karakter Bu Mus yang lembut dan sabar begitu jelas ia gambarkan.
                Novel Laskar Pelangi yang telah diadaptasi menjadi sebuah film layar lebar tersebut, hanya ia kerjakan dalam waktu 3 minggu saja. Meski sebenarnya Andrea (penulis tanah Belitung) tidak berniat untuk mempublikasikan novel atau mengirimkan nya ke penerbit, Laskar Pelangi tetap sampai ke penerbit.
                Penghargaan yang diterima Andrea (penulis tanah Belitung) Hirata :
1.       Khatulistiwa Literaly Award (KLA), 2007
2.       Aisyiyah Award
3.       Paramadina Award
4.       Netap Critics Awar

No comments :

Post a Comment