Monday, December 19, 2016

Biografi Fidel Castro ( Part 4 )

  No comments


Biografi Fidel Castro (Part 4)


Biografi Fidel Castro
sumber : http://analisadaily.com/assets/image/news/big/2016/11/fidel-castro-meninggal-279151-1.jpg



                 Biografi Fidel Castro ( part 2) !!


Pada Desember 1976, Fidel Castro diangkat sebagai presuden Kuba ke-22. Walaupun Amerika sudah melakukan pejanjian untuk tidak menggulingkan Fidel Castro. Namun CIA melakukan banyak sekali usaha sebanyak bahkan sebanyak 638 kali, namun semua  usaha  itu gagal mulai dari meledakkan cerutu, infrksi jamur, pada jas scuba-diving dan penembakan gaya mafia.  Pada tahun 1983, pertumbuhan ekonomi kuba meningkat menjadi 5%, padahal pada saat itu Negara Amerika Latin yang lain tengah mengalami ekonomi yang agak sulit. Di bidang lain, Fidel Castro tidak kalah hebat, dia berhasil menghapuskan diskiminasi hukum, menyediakan listrik di pedesaan, memajukan pendidikan. Di Bisang kesehatan, Fidel Castro menyediakan fasilitas kesehatan yang gratis. Fidel Castro juga membuat kebijakan untuk membatasi jumlah kepemilikan lahan, dan juga menghapuskan bisnis swasta. Namun karena kebijakan itu banyak masyarakat Kuba merasa hak mereka sangat terbats, termasuk banyak professional dan teknisi, meniggalkan Kuba dan pindah ke Amerika.

Biografi Fidel Castro
sumber: http://i2.cdn.cnn.com/cnnnext/dam/assets/160301164314-castro-tease-full-169.jpg
 

Kuba menghadapi kesulitan ekonomi ketika Uni Soviet runtuh. Sehingga Fidel Castro membuat kebijakan untuk membuka diri kepada investor asing untuk menemukan mitra dagang baru. Pada Tahun 1996, Fidel Castro berkunjung ke Amerika Serikat, untuk mengunjungi warga Kuba di penasingan yang tinggal di Amerika untuk kembali ke Kuba untuk memulai usaha.

Biografi Fidel Castro
sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0SGmiGfMs2MksX338ahxFWt9Q2AO6CGjq87cruKTtJ0I3YqNQpxK_y3h40VQSUQEP8QwxqYT-oWkGLbwrJwBNnga2x60cA0TkR_jO3cdxRaTBxDG3KIkDx1y4j_U85MobEANm1wMXyfI/s1600/Fidel-Castro-Rolex-GMT-Master-.jpg


Kondisi Kesehatan Fidel Castr o mulai menjadi isu utama karena mulai memburuk di akhir tahun 1990an. Pada tahun 1997, Fidel Castro menunjuk saudaranya yaitu Raul Castro untuk menjadi pemimpin sementara Kuba. Pada tanggal 31 Juli 2006, Fidel Castro mengalami pendarahan gastrointestinal dan mengharuskan dia untuk menjalani operasi. Pada bulan Februari 2008, Fidel Castro mberikan jabatan presiden secara permanen kepada Raul Castro, kare kesehatannya semakin memburuk. Majelis Nasional Kuba secara resmi memilih Raul Castro sebagai Presiden di bulan Februari tersebut, namun Fidel Castro tetap menjadi Sekretaris pertama partai komunis. Pada bulan April 2011, Fidel Castro secara resmi mengundurkan dii dari perannya dalam Partai Komunis Kuba.



Ayo, pengabar fajar yang berkobar-kobar
Susuri jalan terpencil yang belum dipetakan
‘Tuk bebaskan daratan hijau yang begitu kau cinta –
Che Guevara kepada Fidel Castro


Walaupun tidak lagi memiliki jabatan di Partai Komunis Kuba, Fidel Castro memegang kekuasaan politik yang sangat besar baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dia terus bertemu dengan para pemimpin asing, seperti Iran Mahmoud Ahmadinejad pada tahun 2012. Paus Benediktus juga pada kunjunngannya Maret 2012 berusaha untuk mendapatkan kebebasan beragama yang lebih besar bagi umat Katlik yang tinggal di Negara komunis. Fidel Castro meninggal pada tanggal 25 November 2016 di Havana,  Kuba.



Sumber :

No comments :

Post a Comment