Monday, December 19, 2016

Benyamin Sueb - SENIMAN BETAWI LEGENDARIS (3)

  No comments
      Ini adalah kelanjutan dari kisah sang seniman betawi legendaris, buat yang belum baca kisah sebelumnya, cek dulu ya.

Seniman Betawi Legendaris
Seniman Betawi Legendaris

·         Akhir Hayat

Sebelum akhir hayatnya, saat seniman betawi legendaris ini sibuk bermain sinetron atau film televisi  Mat Beken dan Si Doel Anak Sekolahan pada tahun 1992, Benyamin Sueb mengutarakan keinginannya kepada Harry Sabar untuk melakukan rekaman seperti penyanyi-penyanyi yang lainnya. Hingga kemudian bersama dengan teman-temanya, yaitu Harry Sabar, Keenan Nasution, Odink Nasution, dan Aditya, mereka membuat band Gambang Kromong Al-Haj dengan album "Biang Kerok". Lagu Biang Kerok dan Dingin-dingin menjadi andalan dalam album seniman betawi legendaris itu.

Dalam album itu, seniman betawi legendaris ini membawakan lagunya dengan sangat serius, namun tetap saja orang yang terlibat terpingkal-pingkal saat Benyamin Sueb melakukan rekaman lagu I’m a Teacher dan Kisah Kucing Tua. Berbeda dengan lagu-lagu lain yang ia bawakan, dalam lagunya AmpunanMu, seniman betawi legendaris ini menyanyikannya dengan khusuk layaknya seperti berdoa. “Mungkin sudah tahu kalau hidupnya tinggal sebentar”, jelas Harry sebagai musik directornya. Dan benar saja, setelah album itu rilis, seniman betawi legendaris ini mengalami sakit keras sehingga rencana promosi  dan tour tak pernah terwujud hingga sekarang kecuali melakukan pentas-pentas kecilnya. Album tersebut adalah album terakhir yang di bawakan oleh Benyamin Sueb, seniman betawi legendaris.
Benyamin Sueb - Seniman Betawi Legendaris
Benyamin Sueb - Seniman Betawi Legendaris
Sumber : goo.gl/NKCyPO


Dan di tanggal 5 September 1995, seniman betawi legendaris ini mengalami koma akibat serangan jantung setelah bermain sepak bola. Seniman betawi legendaris itu dimakamnya di TPU Karet Bivak, tepat bersebelahan dengan makam sang sahabat, teman, guru dan orang yang berpengaruh dalam hidupnya, Bing Slamet. Hal itu dilakukan sesuai dengan wasiat yang ia tuliskan sebelum seniman betawi legendaris menghembuskan nafas terakhirnya. Ia bukan hanya seorang tokoh masyarakat betawi, namun ia adalah seorang seniman betawi legendaris terbesar yang pernah ada. Karena itu, banyak masyarakat yang merasa kehilangan setelah kepergiannya. 

Walaupun seniman betawi legendaris itu telah pergi meninggalkan kita, namun masih banyak kenangan dan karya-karya yang dapat dinikmati hingga saat ini. Masih penasaran dengan karya perjuangan Benyamin Sueb - Seniman Betawi Legendaris? Tunggu disini ya.



Artikel Terkait :
-          SOSOK DIBALIK RAMINTEN (1)
-          SOSOK DIBALIK RAMINTEN (2)
-          SANG MAESTRO BENGAWAN SOLO (1)
-          SANG MAESTRO BENGAWAN SOLO (2)

No comments :

Post a Comment