Wednesday, December 14, 2016

DEWI LESTARI PENULIS BUKU DAN PENYANYI

  1 comment
DEWI LESTARI PENULIS BUKU DAN PENYANYI

"Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkan ia dimengerti jika tak ada spasi? Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayang bila ada ruang?Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade )"

Dewilestari atau biasanya dikenal dengan dee lestari, dee lestari lahir pada tanggal 20 Januari 1976 di Bandung Jawa Barat. Dee adalah seorang penulis terkena; dan penyanyayi anggoota trio vocal Riida Sita Dewi.Dee adalah anak ke empat dari lima bersaudara.
Dee memulai karir dengan karier music dan menulis Kariir music telah dee lakukan sejak SD , dee aktif kegiatan vocal grup, paduan suara , dan band sekolah. Selama masa sekolah tim yang diikuti dee sering menjuarai diberbagai perlombaan.Setelah SMa dee mengawali karir dengan menjadi penyanyi latar iwa K bersama Sita. Selama dua tahun menjadi penyanyi latar, dee dan sita direkrut oleh produser warna music yaitu Adi Adrian dan Adjie Soetama untuk membentuk sebuuah trio vocal bersamaRida.
Bersama grup ini, Dewi Lestari meluncurkan beberapa album, yaitu Antara Kita (1995), Bertiga (1997), The Best of Rida Sita Dewi (2002). Beberapa lagu terkenal RSD adalah Kepadamu, Tak Perlu Memiliki, Ketika Kau Jauh dan Terlambat Bertemu. Pada tahun 2006 dee mengawali karya solo dengan album berbahasa inggris berjudul Out of shell. 2 tahun kemudian dee membuat album yang bernama RectoVerso yang berisikan lagu lagu terkenal seperti malaikat juga tau, firasat,aku ada.

Dan tidak hanya berprestasi dibidang musik dee juga berprestasi didunia sastraa. Menulis adalah hobi dee sejak kecil. Buku Supernova merupakan karya yang membuat dee menjadi novelis yang best seller dikalangan perbukuan Indonesia. Tahun 2001, dalam karir menulisnya dee mencapai puncak saat ia merilis novel sensasionalnya, Supernova Satu : Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh. Novel ini dirilis tanggal 16 Februari 2001. penjualan novelnya menembus angka 12.000 eksemplar dalam tempo 35 hari dan dan mencapai kurang lebih 75.000 eksemplar. Tidakhanya itu Kesuksesan Supernova Satu tidak hanya di Indonesia. Tatapi diluarpun juga ketika novelnya diterjemahkan ke dalam bahasa inggris oleh Harry Aveling seorang penulis dan penerjemah asal Australia. 
Sekuel kedua Supernova mengulang sukses novel sekual pertama.  Novel berjudul Akar ini rilis pada tanggal 16 Oktober 2002. Tiga tahun kemudian, sekuel terakhir dari Supernova terbit. Novel dengan judul Petir ini mengikuti sukses dua sekuel terdahulu.


Karya dee merupakan inovasi baru didalam dunia perbukuan Indonesia karena terdapat perpaduan music dan fiksi. Buku ini terbit pada agustus 2008.ini adalah mahakarya unik dalam buku sekaligus album RECTOVERSO yang dewi lestari buat karena terdiri dari 11 cerita pendek dan terdiri dari sbelas lagu yang bisa dinikmati secara terpisah maupun bersama sama.
Cerpen yang paling terkenal dari buku ini adalah Malaikat Juga Tahu yang mengisahkan cinta seorang ibu kepada anaknya yang menderita autisme. Cerpen ini juga disajikan dalam sebuah lagu, dengan kisah dan judul yang sama. Novel yang lebih sensasional karya Dee dan juga difilmkan tahun 2012 adalah Perahu Kertas. Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2009.



Malaikat juga tahu -dewi lestari



1 comment :

  1. terimakasih info nya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2noIUOl

    ReplyDelete