Monday, December 19, 2016

Biografi singkat Kusumo Martanto, Sang CEO Bli bli.com

  3 comments
                Suatu perusahaan tidaklah didirikan dengan mudah, perusahaan yang bagus dibangun dengan pondasi dan rancangan yang matang, seperti juga pada perusahaan startup, tidaklah mudah dalam mendirikan perusahaan Startup banyak perusahaan yang gagal karena rancangan yang gagal dan kurangnya pengalam pada dunia startup, dalam hal ini perusahaan sukses juga tidaklah di dirikan oleh orang yang sembarangn, contohnya perusahaan Startup Bli Bli.com yang pada artikel kali ini akan saya ceritakan.


Profil Kusumo Martanto Pendiri Bli Bli.com

            Nama situs belanja online Blibli.com, semakin banyak dikenal dan diperhitungkan beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tidak terlepas dari peran Kusumo Martanto yang resmi menjadi Chief Executive Officer (CEO) di PT Global Digital Niaga (GDN), yang merupakan anak usaha PT Global Digital Prima (GDP) Venture dari Grup Djarum sekaligus menjadi Chief Operating officer (COO) di sana, sejak Maret 2010, berbekal pengalaman yang panjang di perusahaan teknologi dan manufaktur, lelaki asal Semarang ini berani masuk ke bidang ecommerce. Selama 17 tahun berkarier di luar negeri dengan menempati berbagai posisi, mulai dari tenaga engineer sampai program manager. Ia sendiri menamatkan gelar Strata 1 (S-1) dan Strata 2 (S-2)-nya di Amerika Serikat.



                Kusumo menghabiskan  waktu dari tahun 1992-1995 untuk menyelesaikan pendidikan Teknik Industri di Iowa State University Amerika Serikat dan dinyatakan lulus dengan meraih gelar Bachelor of Science dengan meraih Highest Distinction and Honor in Industrial Engineering.
            Memegang sertifikat sarjana dari luar negeri membuat Kusumo mendapat banyak tawaran pekerjaan dari perusahaan dalam negeri. Sempat berpikir untuk mencoba peruntungan karier pertamanya di Indonesia. Namun, ternyata takdir membawa Kusumo kembali ke negeri Paman Sam untuk menimba ilmu S-2 setelah mendapatkan beasiswa.

Kusumo mengambil program pascasarjana Master of Science di bidang Teknik Industri di Georgia Institute of Technology, Atlanta, Amerika Serikat. Kusumo kembali lulus dengan menyandang prestasi terbaik dan menyabet Certified Supply Chain Professional (SCP) pada 1997.

            Salah satu alasannya untuk kembali ke tanah air setelah 17 tahun berada di Amerika Serikat adalah karena ia ingin mencoba berkarier profesional di negeri kelahirannya. Pengalamanya sebagai manajer di Intel, menjadi pertimbangan PT Djarum merekrut Kusumo sebagai Business Development & Diversification Manager.

            Berkat keteguhannya, karier Kusumo semakin bersinar pasca ditunjuk menjadi CEO di PT. GDN dan COO di PT.GDP Venture pada Maret 2010, yang merupakan anak usaha PT Djarum. Tidak cuma itu, ia juga diminta untuk menjadi Senior Business Development Manager PT Djarum mulai Januari 2011 hingga saat ini. Kinerja yang memuaskan dan membanggakan di PT. Djarum, membuat Kusumo naik level lebih cepat dari yang ia perkirakan.

Saat itu, perusahaan tempatnya berkarier sedang terpikat dengan bisnsi ecommerce, dan akhirnya pun diputuskan untuk membuat Blibli.com. Kusumo langsung ditunjuk menjadi CEO-nya, dan diminta untuk membuat konsep serta bagaimana timnya.

Kusumo memilih membangun sistem kerja baru, yang lebih segar dalam tim Blibli.com. Dengan mengombinasikan budaya dari luar negeri yang menurutnya bagus untuk ditiru, dan disesuaikan dengan budaya di tanah air. “Saya berusaha mengombinasikan dua iklim kerja ini,” katanya.

Konsep mall online dianggap sebagai terobosan baru dalam memenangkan pasar ecommerce. Konsep inilah yang berhasil membangun citra Blibli.com semakin baik. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras tim yang berhasil ia bangun. Ia merasa klop dengan tim yang ia ajak dari nol itu.

Tercatat, Blibli.com sudah berkembang pesat tujuh kali lipat, sejak dari situs ini mulai dibangun. Diakui Kusumo, beragam cara yang dilakukan tidak lepas dari strategi yang baik dalam mengambil posisi berada di tengah pasar online. “Dengan menyasar sektor unit kecil dan menengah (UKM), menjadi terobosan baru dalam mendapat hati semua kalangan pembeli online,” katanya menutup obrolan. (MCF).

Untuk kelanjutan bagaimana Kusumo Martanto berhasil mendirikan sebuah perusahaan Starup tersukses di indonesia tunggu artikel selanjutnnya, See you Tomorrow....


3 comments :

  1. All the contents you mentioned in post is too good and can be very useful. I will keep it in mind, thanks for sharing the information keep updating, looking forward for more posts.Thanks pmh.com

    ReplyDelete
  2. I wanted to thank you for this excellent read!! I definitely loved every little bit of it. I have you bookmarked your site to check out the new stuff you post. visa pour l'inde

    ReplyDelete