Saturday, December 17, 2016

Uda Ricky Elson sang "Putra Petir"

  No comments
Ricky Elson sang “Putra Petir” merupakan salah satu dari sekian banyan anak bangsa yang berhasil menciptakan karya yang sangatlah berguna bagi perkembangan teknologi di Indonesia. Dia merupakan seorang technopreneur yang lahir di bumi pertiwi Indonesia ini dan terkenal dengan keahliannya dalam teknologi motor penggerak listrik.

ricky elson
sang "Putra Petir"

Biografi Ricky Elson

Sang "Putra Petir" ya itulah julukan yang diberiakan untuk seorang Ricky Elson, ia lahir di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 11 Juni 1980. Dia menyelesaikan pendidikn sekolah menengahnya dari SMA Negeri 5 Padang pada tahun 1998.

Lalu sang "Putra Petir" ini memilih belajar di pergururan tinggi/kuliah teknologinya di negeri Sakura Jepang. Setelah menyelesaikan pendidikannya dia mulai bekerja di sebuah perusahaan yang berada di Jepang. ia bekerja di perusahaan itu selama 14 tahun. Dan selama itulah, Uda Ricky sudah menciptakan banyak dari teknologi motor penggerak listrik yang kemudian di hak patenkan di negara Sakura tersebut.

Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang saat itu masih dijabat oleh pak Dahlan Iskan dan beberapa ahli dalam pengembangan teknologi banyak tergerak untuk meminta Ricky Elson bergabung dalam KEMENRISTEK saat itu, Universitas, lembaga penelitian dan lembaga pemerintahan yang berhubungan dengan bidang teknologi.

Pada pertengahan tahun 2013, uda Ricky bersama dengan timnya bekerja untuk menyelesaikan mobil listrik yang akhirnya diberi nama Gendhis dan Selo. Akan tetapi proyek Ricky tentang mobil listrik nasional itu mengalami rintangan dengan adanya peraturan yang tidak kunjung selesai. Setelah lama menunggu tentang status peraturan yang tak keluar akhirnya uda Ricky kembali lagi ke perusahaannya yang berada di Jepang tempat di mana dia bekerja sebelumnya.

Penelitian Ricky Elson

1. Turbin Angin “Si Penari Langit”

turbin angin si penari langit
"Si Penari Langit"

Sebuah Kincir angin hasil karya dari uda Ricky yang bernama “Si Penari Langit”. Kincir angin ini mampu menghasilkan daya listrik sampai 3 kali lipat daripada kincir angin milik South West yang di buat di Amerika. Dari segi harga untuk perbandingannya sangatlah amat jauh lebih murah dan efisien. Si Penari Langit ini kemudian dijual ke publik dengan harga 8,5 Juta US$. Harga tersebut jauh dibawah harga Kincir angin buatan South West yang dipatok dengan harga 800 US$ dan apabila dikenai pajak maka bisa mencapai harga sampai 1000US$. Sebuah perbandingan harga dan kehebatan teknologi yang sangat jauh.

2. Mobil Listrik

mobil listrik
Mobil Listrik "selo"
Disamping sebagai pengembang dan pencipta dari mobil listrik nasional Indonesia (baca juga Tim UASC , Pembuat Mobil Listrik Android PERTAMA di INDONESIA ), bang Ricky ini juga sudah menemukan 14 teori motor listrik dan sudah di hak patenkan oleh pemerintah Jepang. Dia juga menjabat kepala divisi dari penelitian dan pengembangan magnet pada motor dan generator di NIDEC Cooporation, Jepang. Karena prestasi dan setiap pertemuan dari uda Ricky ini maka tak heran pak Dahlan Iskan meminta ia untuk pulang kembali ke Indonesia untuk membangun teknologi mobil motor listrik nasional.
Saat ini Ricky Elson sedang asyik dengan penelitiannya di Ciheras, Tasikmalaya. Sebuah penelitian pembangkit listrik tenaga angin. Hasil dari penelitian di Ciheras yang beliau kembangkan ini sangat lahluar biasa, kincir angin rancangan dia menjadi kincir angin terbaik di dunia dalam kelas 500 watt peak. 

Teruslah bersemangat dan ciptakan hal-hal yang baru bagi Indonesia, uda Ricky Elson sang "Putra Petir"!!

No comments :

Post a Comment