Monday, December 19, 2016

Biografi Fidel Castro ( Part 2 )

  No comments


BIOGRAFI FIDEL CASTRO (PART 2)

Sebelumnya saya telah memposting Biografi Fidel Castro (part 1) !!

Pada tahun 1948, Fidel Castro menikah dengan Mirta Diaz Balart, Seorang mahasiswa kaya dengan kehidupa elite di Kuba. Walaupun tidak direstui oleh keluarga masing-masing tapi Orang tua Mirta Diaz Balart memberikan mereka buaya untuk bulan madu di Newyork City. Pada tahun 1950, Fidel Castro menerima gela di bidang hukum dari Universitas Havana. Fidel Castro memimpin organisasi bawah tanah saat Kuba masih dipimpin oleh Fulgencio Batista Y Zaldiar. 

Biografi Fidel Castro
sumber: https://img.okezone.com/content/2016/11/26/18/1552019/breaking-news-mantan-presiden-kuba-fidel-castro-meninggal-dunia-PEhD9CtmC6.jpg


Pada tahun 1953, Fidel Castro menyulut untuk melakukan revolusi di Santiago sehingga ia ditanggap dan dibebaskan pada tahun 1955, dan dibuang ke Amerika dan Meksiko. Pada tahun 1956, Fidel Castro kembali lagi ke Kuba, ia bersama saudara nya yang bernama Raoul dan he Guevara selamat. Kemudian Fidel Castro terus melakukan pemberontakan yang didukung oleh Rakyat Kuba dan dikenal dengan pemberontakan 26 Juli akhirnya berhasil. Pada Bulan Desember 1958 rakyat Kuba berbaris di Havana ketika Fidel Castro memproklamasikan Revolusi Kuba. Fidel Castro kemudian menjabat sebagai presiden Dewan Negara dan Dewan Menteri.

Biografi Fidel Castro
sumber: http://www.dutantt.com/wp-content/uploads/2016/11/Fidel-Castro.jpg


Pada Tahun 1959, posisi Fidel Castri segera diakio leh Pemerintah AS, Pada tahun 1960, Fidel Castro menasionalisasi semua bisnis milik Amerika, seperti Kilang Minyak, pabrik, perkebunan dan kasino, kemudian membentuk pemerintahan kolektif, dan membentuk Negara sosialis satu partai, dan memenjarakan lawan-lawan politiknya dan orang-orang yang dianggap penghianat. Karena telah manasionalisasi perusahaan-perusahaan Amerika, membuat Amerika marah kepada Fidel Castro dan mengakhiri hubungan diplomatik dan memberlakukan embargo perdangangan.



Sebuah revolusi bukanlah taman mawar. Sebuah revolusi adalah pertarungan sampai mati antara masa depan dan masa laluFidel Castro
 
Pada tahun 1961 berusaha menyokong upaya untuk mengkudeta Fidel Castro, namun gagal. Dengan cara melatih  1400 warga Kuba di pengasingan yang latih langsung oleh CIA di dekat Teluk Babi. Namun banyak yang tewas dan ditangkap, sehinggga rencana tersebut gagal. Meskipun Amerika membantah teliibat dalam upaya itu namun, terungkap bahwa warga Kuba pengasingan tersebut dilatih langsung oleh CIA dan dipersenjatai oleh senjata AS. Ternyata Amerika Serikat telah merencanakan ini sejak awal Oktober 1959. Amerika memulai rencana untuk menggulingkan Fidel Castro sejak pemerintahan Eisenhover dan kemudian diwariskan kepada Presiden John F. Kennedy, yang enggan menyetujui tindakan tetapi membantah meberikan dukungan dengan harapan menyembunyikan setiap partisipasi Amerika Serikat.

No comments :

Post a Comment