Tuesday, December 20, 2016

Irene Kharisma Sukandar, Grandmaster catur putri Indonesia!

  2 comments


Olahraga Catur, adalah olahraga yang sangat mengandalkan otak dan mental untuk membangun strategi untuk memenangkannya. Sangat dibutuhkan kemampuan khusus yang harus terus menerus dilatih untuk dapat menjadikan seseorang menjadi olahragawan catur. Kali ini saya akan membahas biografi grandmaster catur putri Indonesia.


            Irene Kharisma Sukandar, adalah perempuan kelahiran Jakarta, 7 April 1992 yang berhasil mendapatkan gelar sebagai Grand Master Internasional Catur (GMIW) pada saat Desember 2008 silam. Irene adalah anam kedua dari tiga bersaudara anak dari pasangan Singgih Heyzkel dan Cici Ratna Mulya.  Irene adalah alumni SMA Nusantara, Jakarta. Akan tetapi Irene jarang sekali masuk ke sekolah karena dia harus berlatih atau bertanding catur.



            Saya memang lebih suka catur ketimbang olahraga fisik. Lagi pula kakak saya, Kaisar ‘kan juga pemain catur,”


            Selain catur, Grandmaster catur putri Indonesia ini juga memiliki hobi lain seperti bermain Biliard, lari pagi, membaca buku sejarah, dll. Dan bahkan sebenarnya Irene awalnya tekun berolahraga Tenis Meja karena dsang Ayah yang merupakan pemain Tenis Meja. Akan tetapi Grandmaster catur putri Indonesia ini lebih tertarik untuk bermain di Olahraga Catur karena sang kakak yang juga seorang pemain catur.


Kalau hanya berpikir ingin menang, jangkauan berpikir kita akan pendek. Kita akan cenderung mengabaikan kualitas permainan”


            Perempuan yang menyukai musik instrumental ini pertama kali mengikuti krjuaraan catur pada ajang Kejurnas Catur tahun 1999 di Bekasi, Jawa Barat. Grandmaster catur putri Indonesia ini masuk kedalam tim dari Sumatra Selatan. Karena belum berpengalaman, akhirnya di kejuaraan nasional pertamanya Irene kurang mendapatkan hasil yang baik. Sehingga membuat Irene lebih giat berlatih untuk mendapatkan kemenangan dikejuaraan selanjutnya.




            Irene mempunyai cita-cita untuk meraih gelar Grand Master dan Juara Dunia Olahraga Catur. Untuk mewujudkan mimpinya itu, akhirnya Irene masuk ke Sekolah Catur Utut Adianto atau SCUA di Bekasi. Disana Irene dilatih oleh mantan pemain catur nasional MI Ivan Situru, setelah bertahun-tahun berlatih di SCUA akhirnya Grandmaster catur putri Indonesia ini berhasil memperlihatkan kemampuannya. Bahkan sulit untukn ditandingi oleh pemain catur lainnya.
        
            “Pokoknya, yang namanya ilmu catur itu nggak ada habisnya. Ada bermiliar-miliar strategi, dan bermiliar-miliar ide. Juga banyak sekali posisinya,”


            Bagi Irene, catur adalah permainan yang sangat sulit, ada bermiliar stategi dalam bermain catur. Oleh karena itu banyak orang yang bermain catur hanya sekedar bersantai, akan teteapi, bagi Irene Catur adalah olahraga yang paling menyatu dengan dirinya. Karena itulah Grandmaster catur putri Indonesia ini berhasil memenangkan banyak kejuaraan Catur di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah prestasi-prestasi Irene.






-       Juara 3 Kelompok Umur (KU) 10 Kejuaraan Catur ASEAN 2002 di Singapura
-       Juara 4 KU 10 tahun Kejuaraan Catur ASEAN di Malaysia 2003
-       Dua medali perak pada SEA Games Vietnam 2003
-       Peringkat ke-9 Kejuaraan Dunia Junior di Yunani 2003
-       Medali perak Olimpiade Catur papan tiga di Spanyol 2003
-       Peringkat ke-14 Kejuaraan Dunia Junior di bawah 14 tahun di Pulau KretaYunani 2004
-       Medali perak Kejuaraan Catur Asia di bawah 14 tahun di Singapura2004
-       Imbang 3-3 dalam dwitarung melawan GMW Corke 2005. Corke adalah juara 1 Kejuaraan Catur Asia di bawah 14 tahun di Singapura
-       Peringkat 4 Kejuaraan Dunia Junior di Georgia 2006
-       The Best Woman Player pada Malaysia Open 2008
-       Imbang 2-2 melawan IM Tania Sachdev dalam dwilomba JAPFA 2010
-       Juara 1 dalam Brunei Invitational IM Tournament 1 dan juara 2 dalam Brunei Invitational IM Tournament 2 pada tahun 2010
-       Medali Perunggu di 26th Sea Games 2011, Indonesia
-       The Best Woman Player di Queenstown Chess Classic, Selandia Baru pada Januari 2012
-       Juara 1 Asian Continental Chess Championship di Vietnam tahun 2012[1]
-       Juara 1 'the 5th Alexander the Great open Championship 2013' di Chalkidiki, Yunani (dilaksanakan pada tanggal 7-14 Mei 2013).
-       The Best Woman Player di Grand Europe Open Albena, Bulgaria bulan Juni 2013
-       Medali Emas 'International Chess Rapid pada 27th Sea Games 2013' di Nay Pyi Taw, Myanmar (dilaksanakan pada tanggal 5 - 22 Desember 2013.
-       Medali Emas 'International Chess Blitz pada 27th Sea Games 2013' di Nay Pyi Taw, Myanmar (dilaksanakan pada tanggal 5 - 22 Desember 2013.
-       Juara 1 Australian Women's Masters di MelbourneAustralia pada Januari 2014.
-       Juara 1 Asian Continental Chess Championship di Sharjah, Uni Emirat Arab, April 2014


    “Catur adalah permainan yang sudah ada sejak berabad-abad lalu. Tapi sampai sekarang belum terpecahkan. Misalnya, bagaimana cara menang yang benar”

-       Tahun 2005 : penghargaan Parama Krida Pratama dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.
-       Tahun 2006 : penghargaan Atlet Harapan Indonesia Terbaik pada Indonesian Sports Award. Dan pada tahun yang sama juga mendapat penghargaan Atlet Wanita Berprestasi Internasional dari PERWOSI (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia).
-       Tahun 2007 : penghargaan Atlet Harapan Terbaik dari Tabloid BOLA.
-       Tahun 2008 : penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Wanita Pertama Indonesia yang bergelar Grand Master Wanita.
-       Tahun 2009 : penghargaan Atlet Putri Terbaik Indonesia di Anugerah Atlet Olahraga Indonesia.


2 comments :