Sunday, December 18, 2016

Bapak Pendidikan Indonesia

  No comments
Ki Hajar Dewantara Pahlawan Nasional
Ki Hadjar Dewantara


Biografi Ki Hadjar Dewantara

 Ki Hadjar Dewantara lebih dikenal sebagai bapak pendidikan Indonesia. Nama asli beliau adalah Raden Mas Suwardi Suyaningrat. Ki Hadjar Dewantara merupakan keturunan dari keraton Yogyakarta. Pada umurnya yang ke 40 tahun, beliau merubah namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah tokoh pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri Taman Siswa, yang merupakan lembaga pendidikan formal pertama di Indonesia. Semboyan yang paling terkenal dari Ki Hadjar Dewantara adalah Tut Wuri Handayani, yang merupakan semboyan pendidikan di Indonesia. Sedangkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara diperingati sebagai hari pendidikan nasional yaitu setiap tanggal 2 Mei.

- Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara bersekolah di ELS yang dulu merupakan sekolah dasar Belanda. Beliau juga melanjutan pendidikannya di STOVIA yang merupakan sekolah dokter untuk bumiputera. Selama menempuh pendidikan di STOVIA, beliau tidak sampah tamat dikarenakan sakit yang beliau derita.


Beliau pernah kerja menjadi wartawan diberbagai media cetak terkenal pada masa itu. Tulisan beliau diberbagai media tersebut sangat komunikatif dan juga kritis, sehingga dapat meningkatkan semangat rakyat pada masa itu. 2 Penghargaan yang di terima oleh Ki Hadjar Dewantara yaitu "Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Gadjah Mada" dan "Bapak Pendidikan Nasional Indonesia". Selain itu hari kelahiran beliau dijadikan hari Pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 28 November 1959.

No comments :

Post a Comment