Tuesday, December 20, 2016

Utut Adianto, Grandmaster catur terbaik Indonesia!

  No comments



                Pemain catur yang satu ini berhasil menjadikan dirinya sebagai pemain catur terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Penghargaan ini Utut dapatkan karena keberhasilannya menempatkan dirinya sebagai Grandmaster (GM) asal Indonesia yang berperingkat tinggi di dunia saat ini.



                Utut Adianto adalah pria kelahiran Jakarta, 16 Maret 1965. Grandmaster catur terbaik Indonesia adalah anak ke 4 dari 5 bersaudara. Grandmaster catur terbaik Indonesia ini awalnya mengenal permainan catur dari kakeknya ketika berumur 6 tahun. Lalu Utut mulai latihan di klub catur kencana Chess Club saat berusia 8 tahun. Di saat itu pula Utut pertama kali mengikuti Kejuaraan Catur Junior se DKI Jakarta. Dan dari 45 peserta,  Grandmaster catur terbaik Indonesia berhasil masuk peringkat 15 dengan usianya yang masih sangat muda pad saat itu.

Utut saat ini tercatat sedah 89 kali membela tim Nasional.



                Grandmaster catur terbaik Indonesia ini adalah termasuk kedalam generasi pertama yang mempelahari catur dengan bukan hanya sejedar melalui kejuaraan. sang Ayah, Ngatidjo Adiprabowo menghadiahi buku “My 60 Memorable Games” karangan Bobby Fisher. Ayah Utut beranggapan bahwa bermain catur juga harus dilatih dengan pendekatan ilmiah. 


                 "Saya juga membedah teknik lewat pendekatan ilmiah," kata Utut yang memiliki IQ 128 ini.”


             Akan tetapi sekarang pencapaiannya ini telah dilewati oleh Susanto Megaranto yang menjadi Grandmaster di usianya yang baru 17 tahun. Grandmaster catur terbaik Indonesia ini juga sempat menjadi Grandmaster Super pada tahun 1995-1999, saat ELO rating Utut melebihi 2600.



            Pada awal bulan Juni 1994,  Grandmaster catur terbaik Indonesia ini untuk pertama kalinya berlaga di ajang Internasional. Grandmaster catur terbaik Indonesia ini mengikuti pertandingan New York terbuka si AS dan Kejuaraan Dunia terbuka di Philadelphia. Dan Utut juga berhasil menjuarai Biel Open, juara 2 di Luzern, dan juara 3 Biel Master.pada tahun 1995, Utut juga berhasil menjuarai Zona Asia Pasifik, dan pada tahun 1997,  Grandmaster catur terbaik Indonesia ini berhasil meraih prestasi terbaiknya dengan masuk menduduki peringkat 39 Dunia dengan ELO rating 2615.

Saat meraih Grandmaster, Utut adalah pemain catur Indonesia termuda yang berhasil mencapai prestasi seperti ini, yakni pada saat usianya 21 tahun.


            Prestasi yang telah ia capai adalah menjadi juara 15 turnamen Internasional. Bahkan MURI mencatat pesta catur terbesar ketika  Grandmaster catur terbaik Indonesian ini bertanding hanya sendirian melawan 833 orang dalam simultan catur di Surabaya pada tahun 1998 silam.




No comments :

Post a Comment