Tuesday, December 20, 2016

Sang Raja Lagu Reggae "Bob Marley"

  1 comment
Bob Marley, yang ada dalam benak kita biasa nya adalah ganja dan lagu reggae, tokoh yang satu ini memang juga sangat dikenal dengan kecintaan dengan lagu reggae sampai-sampai di sering disebut icon dari musik reggae dan di kehidupan nya pun Bob Marley di kait-kaitkan dengan tanaman ganja, nama lengkap Bob marley adalah Robert Nesta Marley, Ayahnya adalah penjaga tanah perusahaan crown lands milik dari Pemerintahan Inggris, yang telah menjajah tanah kelahiran Bob Marley sejak tahun 1660-an.

Bob marley lahir pada tanggal 6 Februari 1945 di nine mile, Saint ann, Jamaika Bob Marley memiliki ke kasih yang telah menjadi istrinya yang bernama Rita Marley mereka menikah pada Februari 1966, Bob Marley mengawali karier nya dengan bermusik dengan band nya yang bernama The Waillers, Grup band ini ia bentuk bersama dengan dua temannya yang bernama  Peter Tosh dan Bunny Livingston yang mereka bentuk pada tahun 1963.

Grub band Bob Marley yang bernama The Waillers ini telah menghasil kan beberapa karya dan berkolaborasi dengan Lee Scratch Perry,  menghasil kan beberapa karya yaitu salah satunya seperti hit-hit unggulan dengan tajuk Soul Rebel, Duppy Conquerer, 400 Year Small Axe. Namun Kolaborasi itu tidak berujung dengan baik karena perry menjual karya The waillers di inggris tanpa sepengetahuan sama sekali dari pihak waillers. Namun peristiwa itu berbuah manis, Pemilik dari Island Record Chris Blackwell mengontrak wallers dan memproduseri album mereka yang bertajuk CATCH A FIRE dan BURNIN.

Pada tahun 1976, Bob marley melakukan hijrah ke Inggris, namun karya nya tidak membuahkan hasil yang baik, Karena EXODUS telah berhasil lebih dulu di British Charts selama 56 minggu lamanya. Lalu pada album selanjutnya yaitu KAYA. Kesuksesan dari album ini mampu mengantarkan musik reggae ke dunia barat untuk pertama kalinya.

Kabar buruk mulai bermunculan dari Bob Marley, ternyata pada tahun 1977 Bob Marley divonis terkena flu dan ini semua sudah lama ia sembunyikan dari publik, lalu ia kembali ke Jamaica pada tahun 1978 dan mengeluarkan album yang bertajuk SURVIVAL pada tahun 1979 diikuti oleh kesuksesan nya tur keliling eropa.

Bob Marley melakukan 2 pertunjukkan di Madison Square Garden dalma rangka merangkul seluruh warga kulit hitam yang berada di amerika serikat . Namun lagi lagi muncul kabar buruk pad tanggal 21 September 1980, Bob marley pingsan pada saat ia jogging di NYC’s Central Park. Kankernya telah menyebar sampai ke otak, paru-paru, lalu ia akhirnya wafat pada 11 mei 1981 di usia nya 36 tahun ia meniggal di Miami Hospital

1 comment :

  1. hallo admin dan kawan uyee.. Bingung nyari lagu koleksi favorit kamu?
    aku mau recommend nih tempat download lagu2 reggae lengkap dan ngga ribet hehe..
    ini ada juga lagu baru yg paling asyik buat di denger loh Didi Kempot feat Dory Harsa Kangen Nickerie Reggae SKA Version

    ReplyDelete