Monday, December 19, 2016

Cak Nun Pemikir Islam Kejawen

  No comments


Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) merupakan budayawan intelektual muslim asal Jombang, Jawa Timur. Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) pernah menjalani pendidikan di Pondok Modern Gontor-Ponorogo dan menamatkan pendidikannta di SMA Muhammadiya 1 Yogyakarta. Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) hanya mampu menyelesaikan pendidikan tinggi nya pada semester 1, tepatnya di Universitas Gajah Mada, Fakultas Ekonomi. Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) merupakan anak keempat dari 15 bersaudara.
Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) pernah menikah dan dikaruniai seorang anak yang merupakan vokalis dari grup band Letto, Noe,  sebelum akhirnya menikah dengan Novia Kolopaking. Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) dikaruniai empat anak dari pernikahannya dengan Novia,
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan Penghargaan Satyalancana Kebudayaan 2010 kepada Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) pada Bulan Maret 2011. Penghargaan Satyalancana Kebudayaan diberikan kepada seseorang yang memiliki jasa besar untukkebudayaan dan di nilai mampu menghidupkan kebudayaan daerah atau nasional. Serta hasil karyanya berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Hal tersebut di ungkapkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik.
Umbu Landu Paranngi, seorang sufi yang hidupnya msterius, dengan merantau di Malioboro, Yogyakarta antara tahun 1970-1975. Orang tersebut merukanan guru yang dikagumi Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) kala belajar sastra kepadanya. Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) juga gemar menekuni beberapa pementasan teater yang berhasil digelar bersama gurunya. Lokakarya teater di Filipina (1980), International Writing Program di Universitas Iowa, AS (1984), Festival Penyair Internasional di Rotterdam, Belanda (1984) dan Festival Horizonte III di Berlin Barat, Jerman (1985) juga pernah Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) ikuti.
Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) adalah seorang penulis buku. Dirinya juga aktif di kelompok musik arahannya, Musik Kiai Kanjneg. Kiai Kanjeng selalu membawakan lagu-lagu sholawat nabi dan syair-syair yang religious yang bertema dakwah. Selain itu, Cak Nun (Pemikir Islam Kejawen) rutin menjadi narasumber pengajian bulanan dengan komunitas Masyarakat Padang Bulan di berbagai daerah.


No comments :

Post a Comment