Sunday, December 18, 2016

biografi tokoh kaligrafi Ibnu Bawwab

  No comments

TOKOH-TOKOH KALIGRAFI ISLAM 

BAGIAN 2  :  IBNU BAWWAB


tokoh kaligrafi Islam Ibnu Bawwab
Ilustrasi Ibnu Bawwab

PENDIDIKAN IBNU BAWWAB

Pada saat Ibnu Bawwab masih muda, ia mempelajari kaligrafi dari Muhammad ibn Asad, Muhammad ibn al-Simsimani, dan murid Ibnu Muqlah.

KARIR IBNU BAWWAB

Abu Hasan Ali ibn Hilal adalah nama lengkap dari Ibnu Bawwab. Bawwab memiliki arti yaitu "penjaga pintu". Ibnu Bawwab mulai bekerja sebagai dekorator rumah dengan membuat gambar-gambar. Selanjutnya Ibnu Bawwab juga membuat hiasan pada buku-buku dengan aneka gambar hingga akhirnya menuntun Ibnu Bawwab untuk membuat kaligrafi. Kemampuannya selalu meningkat dari waktu ke waktu, hingga akhirnya Ibnu Bawwab diangkat menjadi seorang Mubaligh masjid Mansur di Baghdad. 

Pada suatu waktu, Ibnu Bawwab mengurus perpustakaan Baha' Al-Daula di Syiraz. Kemudian Ibnu Bawwab menemukan sebuah buku yang memiliki sampul warna hitam. Setelah Ibnu Bawwab menelitinya sampul dengan warna hitam tersebut adalah bagian dari Al-Qur'an tiga puluh jilid yang telah ditulis oleh Ibnu Muqlah. Buku tersebut telah membuat Ibnu Bawwab merasa kagum. Akan tetapi, dari 30 jilid Al-Qur'an, hanya terdapat 29 jilid dan satu jilid al-qur'an tidak ditemukan.

Penemuan terhadap al-qur'an tersebut, Ibnu Bawwab menyampaikan kepada Baha' Al-Daula. Setekah itu, Ibnu Bawwab menawarkan dirinya untuk menulis bagian jilid yang hilang dengan memberikan syarat bahwa Ibnu Bawwab menginginkan jubah kehormatan dan uang seratus dinar jika jilid yang ua tuliskan dapat berbeda dengan jilid-jilid yang lain. Kemudian syarat tersebut diterima dan kemudian Ibnu Bawwab mulai mencari jilid yang hilang tersebut. 

Setahun kemudian, Ibnu Bawwab membawa tulisannya kepada Baha' Al-Daula dan setelah dilakukan penelitian ternyata tulisan antara Ibnu Muqlah dan Ibnu Bawwab memang tidak terlalu berbeda. Hal ini menunjukan bahwa Ibnu Bawwab menjadikan tulisan kaligrafi Ibnu Muqlah sebagai pedoman. 

Dalam karirnya Ibnu Bawwab sangat dikenal sebagai generasi penerus dan pengembang prestasi Ibnu Muqlah. 

KARYA YANG DIHASILKAN IBNU BAWWAB

Semasa hidupnya, Ibnu Bawwab telah menghasilkan banyak karya yaitu :
  1. Menulis kaligrafiAl-Qur'an dan menulis 64 mushaf. Satu diantara gaya penulisan yang ia gunakan adalah gaya Raihani. 
  2. penemu dan pengembang gaya tulisan Raihani dan Muhaqqaq
  3. Membentuk mazhab kaligrafi di Baghdad


Selanjutnya tokoh kaligrafi islam ketiga yaitu Hasyim Muhammad al-Baghdadi.

Baca tokoh kaligrafi Islam sebelumnya Ibnu Muqlah

Baca artikel sebelumnya :

  • 5 seniman terkenal di Indonesia

  • No comments :

    Post a Comment