Wednesday, December 14, 2016

Maing sang maestro musik Indonesia

  No comments


Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Senen, Batavia, 11 Mei 1914. Ismail Marzuki atau yang lebih dikenal dengan panggilan Maing merupakan salah satu maestro musik Indonesia. Sosoknya pun mengagumkan. Ismail sang maestro musik Indonesia dikenal memiliki keribadian yang luhur. Ismail sang maestro musik Indonesia sejak muda senang tampil necis. Sepatunya mengkilat, bajunya selalu licin, dan dasi tak pernah ketinggalan ia kenakan. Darah seni Maing sang maestro musik Indonesia meupakan turunan dari Ayahnya yang juga merupakan pecinta musik.
Maing sang maestro musik Indonesia sudah memmiliki bakat seni sejak ia kecil. Ayahnya cukup memiliki uang untuk membelikannya piringan hitam dan gramofon, yang saat itu disebut dengan “Mesing Ngomong”. Ayah nya juga merupakan golongan masyarakat Betawi intelek yang berpikiran maju.
Begitu banyak lagu yang telah ia ciptakan. Lagu perjuangan tentunya. Tidak seperti saat ini, yang kebanyakan musisi hanya memikirkan musik untuk keperluan industry. Apalagi lagu untuk anak anak, sangat sedikit sekali. Karena sedikitnya lagu untuk anak – anak, tidak sedikit anak anak yang menyanyikan lagu dewasa yang tidak sesuai umurnya,
Beberapa lagu ciptaannya adalah :
1. Gugur Bunga
2. Rayuan Pulau Kelapa
3. Juwita Malam
4. Indonesia Pusaka
5. Melati Tapal Batas
6. Sabda Alam
7. Rindu Lukisan
8. Halo Halo Bandung
9. O Sarinah
10. Sepasang Mata Bola

No comments :

Post a Comment