Thursday, December 15, 2016

Anggun C. Sasmi, Penyanyi Internasional Berjiwa Indonesia

  2 comments

Anggun C. Sasmi, Penyanyi Internasional Berjiwa Indonesia
Anggun C. Sasmi

Anggun Cipta Sasmi wanita kelahiran 29 April 1974 di Jakarta, anak dari pasangan Darto Singo dan Dien Herdin yang masih memiliki darah keturunan keraton Yogyakarta.Ia menyelesaikan pendidikannya di sekolah Katolik walaupun Anggun merupakan seorang Muslim. Anggun tumbuh dan berkembangan dalam lingkungan keluarga yang penuh jiwa seni. Sejak masih belia Anggun sudah disiplun melatih vokalnya bersama sang ayah. Anggun diajarkan berbagai macam teknik vokal dengan penuh disiplin. Tidak hanya itu, sang ibu pun menggodok anggun untuk bermain alat musik piano dan berani tampil diatas panggung. Sejak saat itulah bakat anggun sedikit demi sedikit terasah dan mulai menciptakan lagu untuk album anak-anak

Perjalanan Karir Anggun Hingga Internasional

Anggun C. Sasmi, Penyanyi Internasional Berjiwa Indonesia
Anngu Menggelar Mega Konser

Karirnya dimulai Saat anggun menginjak usia 12 tahun, Anggun meluncurkan album rock pertamanya yang berjudul ''Dunia Aku Punya". Album tersebut diproduseri oleh gitaris rock terkenal Indonesia, Ian Antono. Tanpa disangka Album pertamanya mendapat sambutan yang lumayan di masyarakat pada akhir tahun 1980-an. Hingga akhirnya Nama Anggun mencapai puncak popularitasnya di tahun 1990 setelah merilis single berjudul "Mimpi”, "Tua Tua Keladi" dan "Takut" dan menjadikan lagu hits pada masa itu.

Anggun berhasil meraih penghargaan sebagai "Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991". Di tengah karir puncak popularitasnya sebagai ''Lady Rocker'' di Indonesia, Anggun memutuskan untuk menikah muda pada tahun 1992 dengan Michel de Ghea, seorang warga Negara keturunan Perancis. Mereka dipertemukan pertama kali saat angguna menggelar tour konsernya di Banjarmasi. Namun keputusannya tersebut tidak membuat karirnya redup begitu saja justru anggun mulai mendirikan perusahaan rekaman miliknya sendiri.

Anggun berhasil mencatat namanya sebagai pernyanyi tersukses dan mapan di Indonesia dengan penjualan album hinggan jutaan kopi pada tahun 1994. Setelah kesuksesan yang didapatkannya di Indonesia telah berhasil Anggun genggam, Dari situlah mimpinya untuk melanjutkan karir bernyanyi hingga go Inernasional semakin besar. Anggun bertekad untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Anggun dengan tekad yang kuat serta nekat hijrah ke Eropa bersama sang suami dan meninggalkan segala popularitas yang dimilikinya di Tanah Air dan menjual perusahaan rekamannya. Anggun memutuskan tinggal di London sambil memulai kariernya lagi dari bawah. Selama masa karirnya, Anggun tanpa patah semangat terus mengirimkan demo rekaman ke berbagai studio rekaman di Inggris.Namun kondisi dan keadaan kehidupan yang tinggi di London, membuat ekonomi dan uang dari penjualan perusahaan rekaman Anggun semakin krisis. Anggun pun harus menelan kekecewaan karena semua demo rekamannya tak kunjung mendapat sambutan yang positif. Akhirnya Anggun kembali memulai kariernya di Prancis. 

Setelah melewati lika-liku yang panjang dalam perjalanan karirnya. Akhirnya pada tahun 1996 Anggun berhasil bertemu seorang produser besar Perancis yaitu Erick Benzi. Benzi terkagum oleh kemampuan vokal Anggun yang begitu powerfull, dan menawarkan langsung untuk melakukan rekaman album internasional pertamanya yang bertajuk Snow on the Sahara. Album ini eksklusif dirilis di 33 negara di seluruh dunia tahun 1997. Sejak saat itu Anggun telah berhasil menelurkan sebanyak 5 album internasional yang direkam dalam dua versi bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Pada tahun 1997, Anggun hijrah ke Manila untuk mencoba peruntungan mengikuti audisi Sony Music International. Hasil yang manis Anggun raih ia berhasil menyisihkan banyak kontestan dari berbagai negara dan berhasil mendapat kontrak Sony Music. Anggun  kemudian merambah ke ajang pencarian bakat televisi lewat X Factor Indonesia (2013), yang menjadikannya juri termahal dalam sejarah pertelevisian Indonesia. Ia selanjutnya juga menjadi juri Asia's Got Talent (2015).

Koleksi Album Anggun C.Sasmi


Album Bahasa Indonesia
·         Dunia Aku Punya (1986)
·         Anak Putih Abu Abu (1991)
·         Nocturno (1992)
·         Anggun C. Sasmi... Lah!!! (1993)

Album Berbahasa Inggris
·         Snow on the Sahara (1997)
·         Chrysalis (2000)
·         Luminescence (2005)
·         Elevation (2008)
·         Echoes (2011)

Album Bahasa Perancis
·         Au nom de la lune (1997)
·         Désirs contraires (2000)
·         Luminescence (2005)
·         Elévation (2008)
·         Echos (2011)

Prestasi Membanggakan Sepanjang Karir

Anggun C. Sasmi, Penyanyi Internasional Berjiwa Indonesia
Anggun sebagai Juri Ajang Bergensi

Anggun menjadi penyanyi pertama Asia yang mampu memasuki pasar industri musik internasional dengan cemerlang. Kesuksesan Anggun secara langsung membuka jalan bagi penyanyi-penyanyi lain dari Asia. Setelah Anggun muncul sederet nama penyanyi Asia mulai mencoba peruntungan di pasar musik Eropa atau Amerika. Lionel Zivan S. Valdellon, seorang jurnalis asal Filipina juga menyebut Anggun sebagai "seorang Duta yang sangat bagus untuk Indonesia dan Asia secara umum.
Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional dan album-albumnya telah meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa. Beberapa penghargaan telah diraih Anggun atas pencapaiannya, termasuk di antaranya anugerah prestisius "Chevalier des Arts et Lettres" dari pemerintah Perancis dan "World's Best Selling Indonesian Artist" dari World Music Awards sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia. Ia merupakan orang Indonesia kedua setelah Proklamator Soekarno yang diabadikan dalam patung lilin oleh Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. Anggun juga telah dua kali didaulat menjadi duta global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009.


Sangat menginspirasi bukan? Simak dan nantikan terus kisah-kisah inspiratif lainnya. klik disini


2 comments :

  1. Lady Rockers Indonesia
    https://www.youtube.com/watch?v=BtaKwFjOoqA

    ReplyDelete
  2. APAKAH KAMU INGIN SEPERTI MEMBER SETIA KAMI?
    Silakan buruan langsung bergabung dan rasakan sendiri kemenangan nya
    di jamin tidak ada penipuan dan identitas anda Terahasiakan dan pastinya akan aman 100%.
    Bandar Yang Berada Di Ratu Pelangi 100% tidak ada PENIPUAN, !

    ReplyDelete