Saturday, December 3, 2016

Biografi Iwan Fals-2: Penyanyi Legendaris yang Cinta Lingkungan

  No comments

Pohon menyumbangkan oksigen, satu pohon untuk dua orang, bisa tempat berteduk, dan makhluk yang harus dilindungi, disamping perempuan dan anak-anak dan orang tua.

Penyanyi Legendaris kelahiran 3 September 1961 memiliki sisi lain yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Ternyata Iwan Fals adalah penyanyi legendaris yang cinta lingkungan. Kediaman yang dimiliki beliau seluas 1.5 Ha di desa Leuwinanggung dimanfaatkan untuk aksi penghijauan. Pekarangan rumah ditanami aneka sayur mayur. Perawatan yang dilakukan pun menggunakan bahan ramah lingkunga, yaitu pupuk organik. Penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini merasa Indonesia begitu seram, sehingga berkewajiban untuk memberi perhatian pada negeri tercintanya ini.

Rumah Iwan Fals, penyanyi legendaris, cinta lingkungan, hutanku, isi rimba, pohon kehidupan, siram tanam, Indonesia menanam
Kediaman Iwan Fals


Menurut penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini, faktor kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh masyrakat Indonesia yaitu ketidaktahuan, nilai ekonomi tinggi, dan serakah. Padahal pohon merupakan makhluk penting bagi kelangsungan hidup di bumi. “Pohon menyumbangkan oksigen, satu pohon untuk dua orang, bisa tempat berteduk, dan makhluk yang harus dilindungi, disamping perempuan dan anak-anak dan orang tua.” Hal ini yang dikatakan penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini saat diwawancarai tim Satu Indonesia NET TV.


Rencana pemerintah Jakarta  untuk membangun MRT rasanya merupakan tindakan yang salah bagi penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini. Karena rencana tersebut dapat digantikan dengan pembangunan 1000pohon yang lebih bermanfaat. Sayang sekali pohon yang sudah tumbuh besar-besar dan harus ditebang bukan untuk kebituhan yang alami. Bagi penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini cara untuk berkampanya hidup hijau hanya dengan bekerja saja. masyarakat akan tergugah hatinya jika telah melihat hasilnya nanti.


Rumah Iwan Fals, penyanyi legendaris, cinta lingkungan, hutanku, isi rimba, pohon kehidupan, siram tanam, Indonesia menanam
Iwan Fals pada Acara Indonesia Menanam

Penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini telah berhasil menciptakan beberapa lagu mengenai lingkungan. Lagu  tersebut adalah Isi Rimba pada tahun 1982 yang bercerita tentang orang-orang yang mencuri hak penebangan hutan. Kemudian pada Gerakan Indonesia Menanam zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini bernyanyi sambil menanam pohon.  Lagu-lagu yang dibawakan adalah Hutanku, Pohon Kehidupan, dan Siram Tanam. Lagu Hutanku bercerita tentang hutan yang dalam sehari ditebang seluas beberapa lapangan bola.
Rumah Iwan Fals, penyanyi legendaris, cinta lingkungan, hutanku, isi rimba, pohon kehidupan, siram tanam, Indonesia menanam
Aksi Penghijauan Iwan Fals
Rumah Iwan Fals, penyanyi legendaris, cinta lingkungan, hutanku, isi rimba, pohon kehidupan, siram tanam, Indonesia menanam
Iwan Fals Menanam Mangrove

Kecintaannya terhadap lingkungan membuat beliau dikampanyekan pada media sosial untuk menjadi duta lingkungan pada tahun 2011. Dalam setahun penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini telah menanam pohon pada 72 pesantren yang ada di Indonesia. Sosok yang patut dijadikan panutan, selain menyumbangkan karya untuk bumi pertiwi, penyanyi legendaris yang cinta lingkungan ini juga membuat Indonesia menjadi lebih hijau.

Bersambung...

Kisah sebelumnya :
Biografi Iwan Fals-1 : Penyanyi Legendaris dengan Karya Mengandung Kritik Sosial

Referensi :
https://goo.gl/WFY3ak
Satu Indonesia - Iwan Fals : https://www.youtube.com/watch?v=ynJ-H0i4iJM

Nantikan kisah selanjutnya : Biografi Iwan Fals-3 : Penyanyi Legendaris dengan 17000 Penggemar

Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca:) silahkan beri kritik atau saran melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa dishare!

No comments :

Post a Comment