Wednesday, December 14, 2016

Riwayat Hidup Sutan Syahrir Bagian 1

  No comments

Riwayat Hidup Sutan Syahrir

Sutan Syahrir lahir pada tanggal 5 Maret tahun 1909 Padang. Ia merupakan salah satu pendiri negara Indonesia melalui perjuangan di garis belakang dengan jalan kaderisasi kaum pergerakan bawah tanah. Syahrir sangat pintar dalam berdiplomasi, sehingga Indonesia dapat terkenal hingga dunia Internasional.

Sutan Syahrir bertubuh kecil, namun perannya sangat besar dalam mewujudkan momentum kemerdekaan Indonesia. Syahrir pun sering dipanggil "Bung Kecil" oleh teman seperjuangannya.

Sutan Syahrir merupakan perdana mentri PERTAMA Indonesia.





Masa Kecil hingga Remaja (1909-1929)

Lahir dari keluarga mampu ia memiliki ayah seorang Jaksa lokal bernama Mohammad Rasad Gelar Maharjo Sutan, dan Ibu nya Puti Siti Rabiah. Syahrir pun mempu sekolah pada masa itu hingga lulus SMA. Selama sekolah ia termasuk anak yang sangat cerdas, rajin membaca buku filsafat, dan aktif dalam berbagai kegiatan.


Syahrir pun mendirikan klub diskusi politik untuk para pemuda Bandung yang bernama Patriae Scientiaeque. Dari sinlah beliau bertemu sosok aktivis mahasiswa ITB yang bernama Koesno (Ir.Soekarno).

Dan Soekarna (26 tahun) mendirikan Partai Nasional Indonesia tahun 1927. Dalam partai itu Syahrir (18 tahun) dipercaya sebagai pengurus organisasi pemuda PNI yang bernama Jong Indenesien. Dari sinilah muncul perjuangan yang bernama Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Link Riwayat Hidup Sutan Syahrir PART1, PART2, PART3, PART4











































No comments :

Post a Comment