Tuesday, December 13, 2016

Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia

  1 comment

Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia
Jenahara 
 Jenahara Nasution atau nama lengkapnya Nanida Jenahara Nasution , Wanita cantik keturunan Batak ini lahir pada 27 Agustus 1985 adalah putri dari perancang busana senior, Ida Royani. Meski orang tuanya sudah lama berkecimpung dalam dunia fashion, Namun hal ini tidak membuat Jenahara mendompleng nama besar orang tuanya. Untuk menunjukkan keseriusaanya, Jehan bahkan belajar fashion di Susan Budiharjo Fashion Design School. Jenahara memiliki gaya dan style sendiri pada rancangannya yang ia pelajari di lingkungan fashion yang sudah sangat akrab dengan kehidupannya sejak masih kecil, Jenahara berhasil menuangkannya dalam karya-karya pakaian hijab yang unik dan fashionable.
 
Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia
Jenahara dengan beberapa koleksinya
Hidayah memakai hijab bagi Jenahara muncul sejak Jehan masih berusia sangat belia. Sayangnya, saat itu belum banyak kaum wanita yang memakai hijab, belum banyak fashion hijab yang dapat menunjang penampilan muslimah. Akibatnya, Jehan malah dijauhi dan dibully oleh teman-temannya. Mulai dari dianggap terlalu berlebihan dalam beragama hingga dianggap tidak bisa diajak bergaul ala anak-anak muda. Ya, sebagai remaja yang masih labil waktu itu, asumsi-asumsi masyarakat disekitarnya sedikit membuat Jehan khawatir hingga sempat berniat lepas hijab. Namun Jehan terus meyakinkan hatinya. Bahwa berhijab merupakan kewajiban mutlak seorang perempuan. Seorang wanita berhijab karena Allah bukan untuk mendapatkan penilaian dari manusia, Dengan terus meyakinkan hatinya, akhirnya keinginan untuk lepas hijab tersebut tidak pernah terbesit lagi.

Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia
Label Brand "Jenahara"

Perjalanan karir Jehan pun dimulai dari bawah serta penuh lika-liku walaupun sang ibu juga merupakan perancang busana kondang namun ia bertekad menjalankan bisnis dan karirnya sendiri tanpa campur tangan sang ibu dengan modal yang ia miliki. Semua ia kerjakan sendiri mulai dari membeli bahan hingga mencari penjahit untuk menyelesaikan koleksi pertamanya. Bahkan ia pernah hampir pingsan karena harus berkeliling mencari bahan saat sedang hamil tujuh bulan. Hal itu dijadikannya kenangan yang tidak pernah ia lupakan sepanjang perjalanan karirnya.

Akhirnya dengan kerja keras , usaha dan memikirkan konsep label secara matang jenahara merilis label pertamanya “Jenahara” di tahun 2011. Strategi Jenahara memperkenalkan label pertamanya karena saat itu tren hijab sedang sangat booming dan berkembang di Indonesia. Keputusan yang diambil jenahara saat itu sangat tepat sehingga membuahkan hasil yang manis pada bisnis dan karirnya , masyarakat menyambut antusias rancangan busana muslim yang diusung oleh jehan.

Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia
Koleksi Rancangan Jenahara di Pegelaran Busana
Jenahara bersama rancangannya berhasil mengubah pandangan masyarakat sebelumnya yang hanya memandang berjilbab dan berbusana muslim itu tampak  tidak modis namun dengan koleksi Jenahara yang modern, minimalis, bergaya muda, dan cocok untuk kaum urban. Ia ingin menjadi seorang desainer yang dapat membawa muslim ke level yang lebih tinggi lagi dengan busana yang dikenakannya. Artinya, setiap rancangannya tetap mencerminkan pribadi seorang muslim dan juga mencerminkan pribadi yang peduli pada fashion.

Biografi Designer Jenahara Nasution , Pencetus Hijabers Community Indonesia
Jenahara bersama Para Hijabers Community Indonesia
Kerja kerasnya tersebut sudah terbayar dengan hasil yang cukup memuaskan. Kiprah Jenahara sebgai designer sangat cemerlang. Saat ini butik-butik besarya telah tersebar di berbagai kota besar seperti Bandung, Jakarta, Makassar, dan Samarinda. Prestasi lainnya adalah keikutsertaan Jehan sebagai salah satu designer perwakilan Indonesia dalam Hongkong Fashion Week. Jehan juga berkesempatan menampilkan karyanya di Thailand dan Milan. Jenahara juga merupakan pencetus sebuah komunitas para muslimah muda yaitu Hijabers Community Indonesia. ia bertujuan agar komunitas ini dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan menjalin silaturahmi sesama hijabers lainnya. Jadi, bukan hanya sekedar gaya-gayaan dengan busana muslim yang trendy nan stylist, tapi juga melakukan aktivitas yang positif seperti pengajian rutin, charity hingga talkshow.
.
Nah, itulah kisah inspiratif salah satu desainer busana hijab Indonesia. Banyak sosok wanita hebat di Indonesia, salah satunya Jenahara. Mari temukan dan asah potensi diri Anda. Semoga kisah Jenahara ini bisa menginspirasi Anda untuk tetap berprestasi.


Simak dan nantikan terus kisah-kisah inspiatif lainnya , Klik disini



1 comment :

  1. Masya Allah, semoga saya juga bisa menjadi seorang Designer muslimah 😊😊😊

    ReplyDelete