Tuesday, December 13, 2016

Orang Terkaya di Indonesia “MOCHTAR RIADY “

  No comments
Orang Terkaya di Indonesia “MOCHTAR RIADY “

"Penderitaan inilah yang menjadikan saya lebih tangguh dan toleran dalam menghadapi segala masalah serta membuat saya lebih tekun untuk bekerja. Saya yakin bahwa dibalik kesulitan ada harapan, Dibalik krisis ada kesempatan"

            Mochtar Riady lahir di kota malang 12 Mei tahun 1929. Mochtar Riady ini adaalah seorang pengusaha terkemuka di Indonesia yaitu pendiri dari Lippo Grup. Beliau juga dikenal sebagai seorang praktisi perbankang handal. Beliau juga telah memberikan sebuah ide tentang jasa keuangan dan solusi untuk masalah filsuf bisnis yang luas.
            Saat Mochtar berumur 9 tahun beliau ditinggal ibunya karena melahirkan adik perempuannya.Beliau hidup dalam kesengsaraan , peperangan , dan perjuangan. Mochtar Riady telah bermimpi menjadi seorang banker pada saat usia beliau meginjak 10 tahun.Pada usianya ke 18 tahunn beliau sempat dipenjara oleh tentara belanda dikarenakan menyingkirkan nanking cina. Setelah tentara belanda menyingkarkan beliau beliau mengambil filosofi dari studi eksporasi dari Universitas of  Nanking. 
Beliau kembali ke Indonesia pada tahun 1950. Setelah satu tahun menetap di Indonesia Mochtar Riady menikahi wanita pilihannya asal jember. Saat itu Mochtar Riady diberi tanggung jawab untuk mengurus sebuah took kecil di kota jember. Hanya butuh waktu 3 tahun riady dapat menjadikan took tersebut sebagai took terbesar di Jember.
Pada tahun 1954 mochtar riadyy memutusakan untuk memulai hidup dijakarta. Meskipun banyak tentangan dari pihak keluarga namum muchtar riady tetap pergi ke Jakarta dengan membawa prinsip “ jika ditanam di pot tumbuhanpun tidak akan pernah tumbuh, tapi berbeda ketika tumbuhan tumbuh diarea yang luas meraka dapat berkembang dengan baik dan pesat”.
Pada awal mula mochtar riady memutusakan pindah ke Jakarta. Beliaau bekerja sebagai kemitraan di kota selama enam bulan. Dia mengambil kesempatan ini untuk membuka relasi dengan importer importer.Pada saat itu beliau bertemu seorang teman dan memberitahu bahwa ada sebuah bank yang sedang dalam masalah yaitu bank kemakmuran. Beliau dapat berhasil meyakinkan pemilik bank tersebut untuk menjadikannya sebagai directur.

Dalam waktu beberapa tahun beliau telah dapat menyelamatkan bank kemakmuran dalam masalah tersebut. Lalu setelah itu Riady memasuki bank benua yang juga dalam kondisi memprihatinkan Pada  saat itu pula tahun 1966 Indonesia sedang mengalami krisi makro ekonomi. Beliau mengambil cadangan pengembangan bank buana itu dengan cara mengurangi 20% menjadi 12 % meskipun bunga masih tinggi dan semua bank menaikan bunga mereka. Sebagai penghasil suku bunga rendah pelangga tidak akan dikembalikan untk membayar sebuah pinjaman. Dalam cara ini bank buana pun dapat kembali sehat meskipun setelah itu bank tersebut mengalami kebangkrutan.
Setelah itu pada tahun 1971 beliau berpindah ke bank panin dan setlah ke bank panin beliau berpindah kebank BCA. Di bank BCA ini mochtar riady menerima saham 17,5 persen dari sham yang dimiliki BCA. Pada saat mochtar Riady pertama kali datang ke BCA , BCA hanya memiliki asset 12,8 miliyar rupiyah namun setalah beliau hadir asset menjadi 5 triliun rupiah.
Setelah bank BCA beliau pindah ke Bank perniagaan asia dan sukses meningkatkan sahamnya dan dapat bergabung pada bank umum asia. Mochtar Riady membeli sebagian saham dari bank Perniagaan dan mengubahnya menjadi Lippo bank pada 1989 dan berangsur pada lippo group yang menrapkan bisnis seperti properti, finansial, industri, energi, elektrik, dan pembangunan infrastruktur. Lippo Group mengalami krisis moneter yang hebat pada 1997, namun satu decade kemudian , Mochtar Riyadi berhasil membawa grup itu kembali menjejakkan kakinya, dan dia memperoleh tempat dalam daftar Forbes mengenai orang terkaya Indonesia dengan kekayaan bersih lebih dari 2,5 miliar dolar Amerika.



            

No comments :

Post a Comment